PERUMUSAN STRATEGI BISNIS WARUNG PREKSU DALAM MENGHADAPI DAMPAK PEREKONOMIAN AKIBAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT

Majid, Muhammad Yuscha Lentera (2021) PERUMUSAN STRATEGI BISNIS WARUNG PREKSU DALAM MENGHADAPI DAMPAK PEREKONOMIAN AKIBAT PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE ANALISIS SWOT. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of COVER (9).pdf] Text
COVER (9).pdf

Download (174kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI (8).pdf] Text
DAFTAR ISI (8).pdf

Download (166kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (6).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (6).pdf

Download (9kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Skripsi FullText_152170120_Muhammad Yuscha Lentera Majid.pdf] Text
Skripsi FullText_152170120_Muhammad Yuscha Lentera Majid.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan memberi usulan rumusan strategi bersaing yang tepat untuk Warung Preksu guna dapat meningkatkan penjualan dan memenangkan pasar di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan unit analisis penelitian adalah Warung Preksu. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada karyawan Warung Preksu yang berjumlah 62 responden serta wawancara dengan beberapa narasumber. Sebelumnya, data diuji instrumen terlebih dahulu dan setelah dinyatalan valid dan reliabel, maka data tersebut dianalisis mengunakan matrika SWOT dan QSPM.
Hasil analisis matriks SWOT menyatakan bahwa Warung Preksu berada pada kuadran 1 atau dalam posisi mendukung strategi agresif, yaitu dengan memaksimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Pada posisi ini strategi yang cocok adalah strategi S-O (Strengths-Opportunities). Berdasarkan hasil analisis QSPM, strategi yang paling tepat digunakan oleh Warung Preksu adalah dengan memperbaiki kualitas produk dan layanan penjualan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Strategi ini dirasa tepat untuk diterapkan karena mengingat pesaing baru yang masuk merupakan ancaman bagi perusahaan serta situasi pandemi COVID-19 yang tidak menentu mengharuskan UMKM selalu inovatif dan menjaga kuliatas produk dalam menjalankan bisnisnya. Saran dari peneliti adalah membuat kemasan/packaging yang menarik, membuka rekrutmen karyawan baru, membuat tim khusus untuk menjaga kualitas bahan baku, mendaftarkan Warung Preksu ke aplikasi Shopee Food, dan menjadikan seluruh karyawan sebagai marketer Warung Preksu.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Perumusan Strategi, Matriks SWOT

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Perumusan Strategi, Matriks SWOT
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:03
Last Modified: 04 Jul 2022 07:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30244

Actions (login required)

View Item View Item