KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ANGKUT DI TAMBANG TERBUKA BATUBARA PT. MANRAPI MINING KONTRAKTOR JOBSITE PANCA AGUNG KABUPATEN BULUNGAN KALIMANTAN UTARA

BINTORO, DODIK DWI (2022) KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT MUAT DAN ANGKUT DI TAMBANG TERBUKA BATUBARA PT. MANRAPI MINING KONTRAKTOR JOBSITE PANCA AGUNG KABUPATEN BULUNGAN KALIMANTAN UTARA. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of file abstrak.pdf] Text
file abstrak.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of file cover.pdf] Text
file cover.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of file daftar isi.pdf] Text
file daftar isi.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of file daftar pustaka.pdf] Text
file daftar pustaka.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of lembar pengesahan (p1).pdf] Text
lembar pengesahan (p1).pdf

Download (40kB)
[thumbnail of skripsi dodik yg ini ya yg diurus blum fix.pdf] Text
skripsi dodik yg ini ya yg diurus blum fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

v
RINGKASAN
PT. Manrapi Mining Kontraktor (MMK) sebagai sub kontraktor dari PT. Multi
Jaya Energi (MJE) yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang
pertambangan batubara dengan sistem tambang terbuka dengan metode strip mine di
Kecamatan Tanjung Palas, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan
penggalian batubara dilakukan setelah pengupasan lapisan tanah pucuk dan tanah penutup.
Dalam kegiatan pengupasan tanah penutup dan batubara dibutuhkan alat-alat mekanis
seperti alat muat dan alat angkut. Pada setiap fleet menggunakan kombinasi 1 alat gali muat
yaitu backhoe Komatsu PC400-8 dan 3 alat angkut yaitu Dump Truck Nissan CWB450HD.
Permasalahan PT. Manrapi Mining Kontraktor yang terjadi saat ini adalah
menargetkan produksi sebesar 130.000 BCM tanah penutup dan target batubara 15.000
BCM/bulan. Berdasarkan data perusahaan, produksi aktual pengupasan tanah penutup saat
ini baru 59,8% sebesar 77.740 BCM. Berdasarkan hasil penelitian , kemampuan produksi
alat gali muat adalah sebesar 63.873 BCM/Bulan dan alat angkut sebesar 43.192
BCM/Bulan dengan faktor keserasian kerja sebesar 0,71. Hal ini disebabkan karena waktu
edar dari alat gali muat dan alat angkut yang belum optimal. Waktu edar dari alat gali muat
adalah 22,6 detik dan alat angkut adalah 287,9 detik. Waktu edar yang belum optimal ini
disebabkan karena luas muka penambangan yang belum ideal dan geometri jalan angkut
yang belum sesuai standar. Selain itu, belum tercapainya target produksi disebabkan karena
rendahnya nilai efisiensi kerja pada alat gali muat dan alat angkut. Efisiensi kerja saat ini
sebesar 67,72% untuk alat gali muat dan 64,75% untuk alat angkut.
Upaya peningkatan produksi dilakukan dengan beberapa cara. Cara yang pertama
adalah dengan melakukan perbaikan pada lebar muka penambangan dan geometri jalan
angkut sehingga waktu edar alat angkut menjadi lebih optimal. Waktu edar alat angkut
setelah dioptimalkan 49.359 BCM/Bulan. Cara yang kedua adalah dengan peningkatan
efesiensi kerja. Setelah dilakukan peningkatan, efesiensi kerja alat gali muat menjadi
68,04% dan efesiensi kerja alat angkut menjadi 67,83%. Produksi alat gali muat setelah
peningkatan efesiensi kerja sebesar 65.226 BCM/Bulan dan alat angkut sebesar 45.213
BCM/Bulan. Cara yang ketiga adalah dengan melakukan pengoptimalan waktu edar dan
peningkatan efisiensi kerja sehingga produksi alat angkut menjadi 51.709 BCM/Bulan.
Cara yang keempat adalah dengan melakukan pengoptimalan waktu edar, peningkatan
efesiensi kerja, dan penambahan 1 muat curah bucket. Dengan cara ini, produksi alat angkut
menjadi 68.949 BCM/Bulan dengan faktor keserasian kerja sebesar 1,07 sehingga target
produksi dapat tercapai.
Kata kunci : Produksi, Batubara, Waktu Edar, Efesiensi, Faktor Keserasian


vi
ABSTRACK
PT. Manrapi Mining Kontaktor (MMK) as sub contractor of PT. Multi Jaya
Energi (MJE), which is a company engaged in coal mining with an open pit mining
system using the strip mine method in Tanjung Palas District, Bulungan Regency,
North Kalimantan Province. Prior to coal excavation activities, topsoil,
overburden, and coal are removed. In the activity of stripping overburden and coal,
mechanical tools such as loading and transportation are required. Each fleet uses
a combination of 1 digger, namely the Komatsu PC400-8 backhoe and 3
conveyances, namely the Dump Truck Nissan CWB450HD.
The current problem is that the company's production target of 65,000 BCM
/ month has not been achieved. Based on company data, the actual production of
overburden stripping is currently only 59.8% of 38,519 BCM / Month. Based on the
research results, the production capacity of the dig and load equipment is 63,873
BCM / month and the transportation equipment is 43,192 BCM / month with a work
compatibility factor of 0.71. This is because the distribution time of the digging and
loading equipment is not optimal. The circulation time of the excavator is 22.6
seconds and the conveyance is 287.9 seconds. The circulation time which is not
optimal is due to the mining face area which is not ideal and the haul road geometry
is not in accordance with the standard. In addition, the production target has not
been achieved due to the low value of the working efficiency of the digging and
transportation equipment. The current work efficiency is 67.72% for the digging
tool and 64.75% for the conveyance.
Efforts to increase production are carried out in several ways. The first way
is to make improvements to the width of the mining face and the geometry of the
haul roads so that the conveyance time is optimal. The conveyance time after being
optimized is 49,359 BCM / month. The second way is by increasing work efficiency.
After the improvement was made, the digging and loading work efficiency became
68.04% and the working efficiency of the transportation equipment became
67.83%. Production of loading and excavating equipment after increasing work
efficiency is 65,226 BCM / month and transportation equipment is 45,213 BCM /
month. The third way is to optimize the distribution time and increase work
efficiency so that the production of transportation equipment becomes 51,709 BCM
/ month. The fourth way is to optimize the distribution time, increase work
efficiency, and add 1 load of bulk bucket. In this way, the production of
transportation equipment will be 68,949 BCM / month with a work harmony factor
of 1.07 so that the production target can be achieved.
Keywords: Production, Coal, Distribution Time, Efficiency, Conformity Factor.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Produksi, Batubara, Waktu Edar, Efesiensi, Faktor Keserasian
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:13
Last Modified: 04 Jul 2022 03:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30233

Actions (login required)

View Item View Item