Arafat, Muhammad Ramadhani (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT. ADARO INDONESIA (Studi Kasus pada Program Adaro Kuatkan UMKM 2021). Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.
Text
DAFTAR ISI_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CSR PT. ADARO INDONESIA_M.Ramadhani Arafat_154180008 (2) (1).pdf Download (185kB) |
|
Text
HALAMAN ABSTRAK_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CSR PT. ADARO INDONESIA_M.Ramadhani Arafat_154180008-16.pdf Download (8kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CSR PT. ADARO INDONESIA_M.Ramadhani Arafat_154180008 (1.pdf Download (94kB) |
|
Text
HALAMAN ABSTRAK_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CSR PT. ADARO INDONESIA_M.Ramadhani Arafat_154180008-16.pdf Download (8kB) |
|
Text
HALAMAN SAMPUL_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CSR PT. ADARO INDONESIA_M.Ramadhani Arafat_154180008-1.pdf Download (376kB) |
|
Text
SKRIPSI FIX_IMPLEMENTASI KEBIJAKAN CSR PT. ADARO INDONESIA_M.Ramadhani Arafat_154180008 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
xvi
ABSTRAK
Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan implementasi dari tanggung
jawab sebuah perusahaan ditujukan sebagai bentuk kepedulian perusahaan pada
bidang sosial, lingkungan, dan ekonomi yang diharapkan dapat berkontribusi
terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan di sekitar
perusahaan tersebut. PT Adaro Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di
sektor pertambangan memiliki kewajiban untuk menjalankan CSR yang diatur
dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang perseroan terbatas. Di lain sisi, adanya
tuntutan dari masyarakat untuk PT Adaro Indonesia melaksanakan CSR. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kebijakan CSR PT Adaro
Indonesia melalui Program Adaro Kuatkan UMKM 2021. Penelitian ini
menggunakan Konsep Corporate Social Responsibility dan Teori Legitimasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif
deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara
semistruktur dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diketahui bahwa PT Adaro
Indonesia telah melaksanakan program CSR Adaro Kuatkan UMKM 2021 dengan
3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dampak. Program CSR
tersebut merupakan pembuktian kepada masyarakat bahwa aktivitas yang
dilakukan oleh perusahaan juga mementingkan masyarakat beserta nilai yang ada
di dalamnya guna mencapai harapan dari masyarakat, salah satunya yaitu
memberikan kontribusi kepada UMKM binaan guna dapat bertahan di masa
pandemi COVID-19 dan meningkatnya motivasi UMKM binaan untuk dapat
mengembangkan usahanya. Adaro Kuatkan UMKM 2021 dapat dikatakan berhasil
berdasarkan indikator keberhasilan sebuah program yaitu indikator ekonomi
dengan adanya peningkatan kesejahteraan serta pendapatan UMKM binaan dan
juga indikator sosial yaitu adanya keselarasan hubungan baik antara PT Adaro
Indonesia sebagai pelaksana program dengan UMKM binaan sebagai penerima
program.
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), PT Adaro Indonesia,
Adaro Kuatkan UMKM 2021.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Corporate Social Responsibility (CSR), PT Adaro Indonesia, Adaro Kuatkan UMKM 2021. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 30 Jun 2022 01:50 |
Last Modified: | 30 Jun 2022 01:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30181 |
Actions (login required)
View Item |