PENGARUH KEANEKARAGAMAN PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIFYANG DIMEDIASI OLEH EMOSI POSITIF (Studi pada Pelanggan Mirota Kampus Babarsari Yogyakarta)

SARI, DINA ANGGITA (2020) PENGARUH KEANEKARAGAMAN PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIFYANG DIMEDIASI OLEH EMOSI POSITIF (Studi pada Pelanggan Mirota Kampus Babarsari Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULL- DINA ANGGITA SARI.pdf] Text
SKRIPSI FULL- DINA ANGGITA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Cover_Skripsi.pdf] Text
Cover_Skripsi.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan.pdf] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Keanekaragaman
Produk dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif yang dimediasi
Emosi Positif. Ukuran sampel pada penelitian ini 69 responden. Teknik sampling
yang digunakan adalah Probability Sampling dengan Systematic Random
Sampling untuk populasi tak terbatas. Teknik analisis data menggunakan Analisis
Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial yang menggunakan metode
statistik Structural Equation Modelling menggunakan SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Keanekaragaman Produk (X1)
berpengaruh signifikan terhadap Emosi Positif (Z) dengan t-hitung sebesar 3.001
> t-tabel sebesar 1.65, Promosi Penjualan (X2) berpengaruh signifikan terhadap
Emosi Positif (Z) dengan t-hitung sebesar 3.504 > t-tabel sebesar 1.65,
Keanekaragaman Produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap Pembelian
Impulsif (Y) dengan t-hitung sebesar 2.791 > t-tabel sebesar 1.65, Promosi
Penjualan (X2) berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y) dengan t�hitung sebesar 3.109 > t-tabel sebesar 1.65, dan Emosi Positif (Z) berpengaruh
signifikan terhadap Pembelian Impulsif (Y) dengan t-hitung sebesar 2.763 > t�tabel sebesar 1.65.
Berdasarkan hasil penelitian, saran untuk Mirota Kampus Babarsari adalah
memperhatikan Keanekaragaman Produk guna meningkatkan Emosi Positif
pelanggan sehingga mendorong Pembelian Impulsif pelanggan terjadi.Cara yang
dapat dilakukan oleh Mirota Kampus Babarsari adalah dengan mempertahankan
kelengkapan produk, variasi produk, variasi merek yang beragam, penyediaan
produk-produk baru dan produk yang sedang trend saat ini. Selain itu Mirota
Kampus Babarsari perlu meningkatkan variasi merek internasional. Mirota
Kampus Babarsari juga perlu memperhatikan Promosi Penjualan guna
meningkatkan Emosi Positif pelanggan sehingga mendorong Pembelian Impulsif
pelanggan terjadi. Cara yang dapat dilakukan Mirota Kampus Babarsari adalah
dengan mempertahankan penjualan dengan paket harga yang menarik sehingga
lebih murah dari harga aslinya dan mempertahankan program Promosi Penjualan
mereka yaitu “Belanja Luar Biasa Murah Setiap Hari”. Selain itu Mirota Kampus
Babarsari perlu meningkatkan pemberian diskon yang berbeda setiap hari sesuai
program yang mereka miliki yaitu “Belanja Luar Biasa Murah Setiap
Hari”.Mirota Kampus Babarsari juga perlu mempertahankan Emosi Positif seperti
perasaan senang, semangat, ketertarikan dan kepuasan dengan adanya
Keanekargaman Produk dan Promosi Penjualan yang ditawarkan kepada
pelanggan.
Kata Kunci: Keanekaragaman Produk, Promosi Penjualan, Emosi Positif, dan
Pembelian Impulsif

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Damiati., Luh Masdarini., Made Suriani., Ni Desak Made Sri Adnyawati., Cok Istri Raka Marsiti., Ketut Widiartini, dan Made Diah Angendari. 2017. Perilaku Konsumen. Depok: RajaGrafindo Persada. Engel, James F., Roger D. Black, dan Paul W. Miniard. 1995. Perilaku Konsumen Jilid 2. Jakarta Barat: Binarupa Aksara. Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta. Ghozali, Imam. 2010. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi keempat. Penerbit: Universitas Diponegoro. ________, Imam dan Hengky Latan. 2012. Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hawkins, D.I., Mothersbaugh, D.L., & Best, R.J. 2007. Consumer Behavior: Bulding Marketing Strategy. New York:McGraw-Hill. Hussein, A.S. 2015, Modul Ajar Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan smartPLS 3.0, Malang: Universitas Brawijaya. Kotlerr, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Penerbit Erlangga. ______, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo. Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset untuk Ekonomi dan Bisnis Teori, Konsep, dan Praktik Penelitian Bisnis (Dilengkapi Perhitungan Pengolahan Data dengan IBM SPSS 22.0). Bandung: Alfabeta. Mowen John C. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga. Peter J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behaviour: Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 4. Jakarta: Penerbit Erlangga. Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro. 2012. Cara Mudah Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta. Schiffman, Leon G., dan Leslie Lazar Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Naragita Dinamika. Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional Jilid 1. Jakarta: Salemba Empat. Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 166 Sugiarto. 2017. Metodologi penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi. Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi.Bandung: Alfabeta. ________. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. ________. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. ________. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & B). Bandung: Alfabeta. Sujana, Asep ST. 2005. Paradigma Baru Dalam Manajemen Ritel Modern. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori dan Penenerapannya dalam Pemasaran Edisi 2. Bogor: Ghalia Indonesia. Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service). Supranto, J. dan Nandan Limakrisna. 2011. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.. Tjiptono, Fandy. 2008.Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset. Utami, Christina Whidya . 2006. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat. _____, Christina Whidya . 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat. Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi JURNAL: Ahmad, Tauseef. 2011. The Impulse Buying Behavior of Consumes For The FMCG Products In Jodhpur. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, Vol. 5: Hal 1704-1710. Amos, Clinton. Gary R Holmes dan William C Keneson. 2013. A Meta-Analysis of Consumer Impulse Buying. Journal of Retailing and Consumer Service, 19 November 2013. Andani, Kiki dan Wahyono. 2018. Influence of Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation and Fashion Involvement Toward Impulse 167 Buying Through a Positive Emotion. Management Analysis Journal, Vol. 7 No.4 (2018). Badgaiyan, Anant Jyoti dan Anshul Verma. 2015. Does Urge to Buy Impulsively Differ from Impulsive Buying Behaviour? Assessing the Impact of Situational Factors. Journal of Retailing and Consumer Services,Vol. 22, Hal. 145–157. Ferreira, Marlette Cassia Oliveira., Brandao, Marcelo Mol, dan Flavio Santino Bizarrias. 2017. Understanding consumer’s responses to negative emotions relatedto crowding on satisfaction and impulse purchase in retail: the mediating role of coping. Marketing, Vol. 80, Agustus 2016: Hal. 1-12. Fitri, Fatiha Rahmalita. 2018. The Influence of Web Quality and Sales Promotion Toward Impulse Buying Behaviour with Openness Personality as Moderating Variable. Journal of Accounting Management and Economics, Vol. 20, No. 1, 2018: Hal. 48-55. Kacen, Jacqueline J., James D Hess, dan Doug Walker. 2012. Spontaneous Selection: The Influence of Product and Retailing Factors on Consumer Impulse Purchases. Journal of Retailing and Consumer Services, Vol.19 (2012), Hal. 578–588. Lee, Seung Hyun dan Billy Bai. 2010. Impact of Hotel Discount Strategies on Consumers’ Emotion and Behavior in the Presence of High and Low Involvement Consumers. (2010). Mohan, Geetha., Bharadhwaj Sivakumaran, dan Piyush Sharma. 2012. Store Environment’s Impact on Variety Seeking Behaviour. Journal of Retailing and Consumer Services, Vol. 19 (2012), Hal. 419–428. Rachmawati, Veronika. 2009. Hubungan antara Hedonic Shopping Value, Positive Emotion, dan Perilaku Impulse Buying pada Konsumen Ritel. Jurnal Ekonomi, No. 2, Agustus 2009, Hal. 192- 209. Yoo, Changjo., Jonghee Park, dan Deborah J Maclnnis. 1998. Effects of Store Characteristics and In-Store Emotional Experiences on Store Attitude. Journal of Business Research, Vol. 42, Hal. 253–263 (1998). WEBSITE: CNBC Indonesia. (2019). Sektor Ritel Lesu, APRINDO: Memang Ada Penurunan. Diakses pada 10 Januari 2020, dari https://www.cnbcindonesia.com/market Mirota Kampus. (2019). Kategori Produk. Diakses pada 18 November 2019, dari https://www.mirotakampus.com/id. 168 Solopos.com. (2012, 29 Agustus). Jumat, Ada Diskon Hingga 20% di Mirota Kampus. Diakses pada 18 November 2019, dari https://m.solopos.com/jumat-ada-diskon-hingga-20-di-mirota-kampus�322856. www.google.com. (2019). Mirota Kampus 1 Babarsari. Diakses pada 18 November 2019, dari https://www.google.com/search?safe=strict&sxsrf=ACYBGNQvk1zrh 1uzBzayzQGRWITbuh0kVA%3A1575245081614&ei=GVXkXcWN Je3Wz7sPi8WN2AM&q=mirota+kampus+babarsari#lrd=0x2e7a59ec cfaf2939:0x2935e0ad5dd1cbe1,1,,,
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:38
Last Modified: 09 Jun 2022 07:38
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30020

Actions (login required)

View Item View Item