PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI MANNA KAMPUS ONLINE MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION

Ramadhanti, Nabila Gita (2022) PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI MANNA KAMPUS ONLINE MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION. Other thesis, UPN 'Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK_124180011_NABILA GITA RAMADHANTI.pdf] Text
ABSTRAK_124180011_NABILA GITA RAMADHANTI.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of COVER_124180011_NABILA GITA RAMADHANTI.pdf] Text
COVER_124180011_NABILA GITA RAMADHANTI.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN_124180011_NABILA GITA RAMADHANTI.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN_124180011_NABILA GITA RAMADHANTI.pdf

Download (881kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_124180011_NABILA GITA RAMADHANTI.pdf] Text
DAFTAR ISI_124180011_NABILA GITA RAMADHANTI.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of SKRIPSI_124180011_NABILA GITA RAMADHANTI.pdf] Text
SKRIPSI_124180011_NABILA GITA RAMADHANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA NABILA GITA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA NABILA GITA.pdf

Download (140kB)

Abstract

PENGUKURAN KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI
MANNA KAMPUS ONLINE MENGGUNAKAN METODE END
USER COMPUTING SATISFACTION
ABSTRAK
Penilaian kepuasan pengguna merupakan salah satu faktor yang penting untuk
diperhatikan sebab dapat dijadikan bahan evaluasi dalam memperbaiki dan meningkatkan
layanan dari aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi Manna Kampus Online milik perusahaan
ritel yaitu Manna Kampus (Mirota Kampus) yang bergerak di bidang jual beli produk secara
online yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun menggunakan smartphone. Saat ini,
aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh
sebab itu dilakukanlah penelitian untuk mengukur apakah pengguna puas ketika
menggunakan aplikasi Manna Kampus Online ini.
Penelitian ini mengadopsi model End-User Computing Satisfaction (EUCS) yang
merupakan model untuk mengukur kepuasan pengguna menggunakan lima variabel yaitu
content (kelengkapan informasi), accuracy (ketepatan informasi), format (penyajian
informasi), easy of use (kemudahan pengguna), dan timeliness (ketepatan waktu). Data yang
digunakan adalah data 100 responden yang didapatkan dari penyebaran kuesioner. Hasil data
tersebut diolah menggunakan SPSS untuk menguji kevaliditasan, kerealibilitasan, dan untuk
menguji hipotesa yang telah dirumuskan.
Dari enam hipotesis yang diajukan, semua hipotesis diterima, yang artinya semua
variabel, baik secara parsial, maupun simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.
Hasil penelitian ini menunjukkan variabel easy of use mendapatkan persentase tingkat
kepuasan pengguna tertinggi yaitu sebesar 88.9% dan variabel timeliness memiliki
persentase tingkat kepuasan terendah yaitu sebesar 66%, dengan rata-rata tingkat kepuasan
pengguna keseluruhan sebesar 77.4% yang termasuk dalam kategori puas.
Kata Kunci: End-User Computing Satisfaction, EUCS, Kepuasan Pengguna, Manna
Kampus Onlin

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: End-User Computing Satisfaction, EUCS, Kepuasan Pengguna, Manna Kampus Onlin
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:19
Last Modified: 30 Mar 2023 00:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/30010

Actions (login required)

View Item View Item