EVALUASI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DALAM UPAYA MEMBANGUN DESTINASI WISATA DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR

LAPADJAWA, AGUNG QURNIADI (2021) EVALUASI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA DALAM UPAYA MEMBANGUN DESTINASI WISATA DI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 6.Tesis Agung Qurniadi Lapadjawa.pdf] Text
6.Tesis Agung Qurniadi Lapadjawa.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 1.COVER.pdf] Text
1.COVER.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 2.HALAMAN PENGESAHAN.pdf] Text
2.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 3.ABSTRAK.pdf] Text
3.ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 4.DAFTAR ISI.pdf] Text
4.DAFTAR ISI.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of 5.DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
5.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi
pemasaran pariwisata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bolaang
Mongondow Timur. Kemudian melakukan evaluasi terhadap penerapan
komunikasi pemasaran pariwisata dengan mengidentifikasi kendala serta
merumuskan alternatif strategi komunikasi pemasaran pariwisata dalam upaya
membangun destinasi wisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari evaluasi terhadap kegiatan
komunikasi pemasaran pariwisata di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
menunjukkan berbagai kendala antara lain pemasaran pariwisata masih bersifat
konvensional, ketiadaan website resmi Dinas Pariwisata Bolaang Mongondow
Timur, penggunaan media digital sebagai alat promosi dan pemasaran pariwisata
yang belum optimal, keterbatasan peran SDM dalam mengoptimalkan
penggunaan media digital, kurangnya partisipasi masyarakat pada promosi dan
pemasaran dan keterbatasan anggaran dalam pemasaran pariwisata. Berdasarkan
hasil evaluasi tersebut, beberapa strategi alternatif direkomendasikan yaitu
pengenalan brand Wonderful Boltim, optimalisasi penggunaan media digital,
inovasi pengembangan investasi melalui kerjasama dengan berbagai stakeholder,
penguatan partisipasi masyarakat pada kegiatan promosi dan pemasaran, serta
peningkatan kapasitas SDM pariwisata dalam bidang Digital Marketing.
.
Kata Kunci: Evaluasi, Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Pariwisata,
Kabupaten Bolaang Mongondow Timur

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Komunikasi Pemasaran, Pemasaran Pariwisata, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 May 2022 07:24
Last Modified: 23 May 2022 07:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29854

Actions (login required)

View Item View Item