IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTIPLE LINEAR REGRESSION TERHADAP POLA PERILAKU BRAND SWITCHING PADA PENGGUNA SMARTPHONE

Wawan, Reynaldo Suarez (2020) IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTIPLE LINEAR REGRESSION TERHADAP POLA PERILAKU BRAND SWITCHING PADA PENGGUNA SMARTPHONE. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULL_Reynaldo Suarez Wawan_123160007.pdf] Text
SKRIPSI FULL_Reynaldo Suarez Wawan_123160007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (827kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (759kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf] Text
HALAMAN PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (246kB)

Abstract

Perkembangan smartphone yang semakin beragam dan diperjual belikan oleh
distributor kepada masyarakat, memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk membeli
smartphone yang sesuai dengan keinginannya. Hal itu membuat para pembeli akan
melakukan komparasi terhadap setiap merk dan seri yang dijual oleh para distributor
sebelum memutuskan untuk membeli smartphone dengan merk dan seri mana yang paling
sesuai dengan kebutuhannya, apabila konsumen membeli merk dari suatu produk yang
berbeda dari produk sebelumnya maka konsumen tersebut melakukan
pergantian/perpindahan merk atau bisa disebut dengan istilah brand switching.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis perilaku-perilaku yang menjadi pemicu
brand switching yaitu dengan cara mengetahui seberapa besar pengaruh dari variabel�variabel independen, yaitu product problem(X1), variety seeking(X2), service problem(X3),
advertising(X4) dan reference group(X5) terhadap variabel dependen brand switching
dengan algoritma multiple linear regression. Sampel data yang digunakan dalam penelitian
ini berjumlah 150 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan algoritma
multiple linear regression. Pada pengujian variabel menggunakan uji koefisien determinasi,
uji simultan dan uji parsial.
Pada penelitian ini diperoleh persamaan regresi linear berganda sebagai berikut : Y
= 0.5961 + 0.2522.X1 + 0.1964.X2 + 0.1076.X3 + 0.0935.X4 + 0.058.X5. Dalam penelitian
ini didapatkan nilai Adjusted R-Square sebesar 0,264 artinya bahwa variabel-variabel
independen mampu menjelaskan perubahan dari variabel dependennya adalah sebesar 26 %,
sisanya sebesar 74 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini..
Dari hasil uji simultan dapat dijelaskan bahwa variabel product problem(X1), variety
seeking(X2), service problem(X3), advertising(X4) dan reference group(X5) secara
simultan atau bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel dependen
brand switching(Y) dengan nilai f-hitung (11,476) ≥ f-tabel (2.2784). Dari hasil uji parsial
dapat dijelaskan bahwa variabel product problem(X1) mempunyai pengaruh paling
signifikan terhadap variabel dependen brand switching(Y) dengan nilai t-hitung (3,27284)
≥ t-tabel (1,97693).
Kata kunci : Brand Switching,Multiple Linear Regression, Data Mining, Smartphone

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Brand Switching,Multiple Linear Regression, Data Mining, Smartphone
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 May 2022 02:59
Last Modified: 19 May 2022 03:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29814

Actions (login required)

View Item View Item