Kamila, Naila Muna (2021) Analisis Atribut Produk Listikel Terhadap Strategi Diferensiasi di Media Hipwee.com. Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Text
153180051_NAILA MUNA KAMILA_SKRIPSI FULL.pdf Download (2MB) |
|
Text
153180051_NAILA MUNA KAMILA_SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
153180051_Naila Muna Kamila_PENGESAHAN.pdf Download (291kB) |
|
Text
153180051_NAILA MUNA KAMILA_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
Text
153180051_NAILA MUNA KAMILA_DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
Text
153180051_Naila Muna Kamila_COVER.pdf Download (86kB) |
|
Text
153180051_NAILA MUNA KAMILA_ABSTRAK.pdf Download (27kB) |
Abstract
Listikel merupakan salah satu bentuk sajian produk jurnalistik yang tengah
menjadi tren di media online. Bentuk artikel ini unik dan singkat dengan
menyajikan tulisan dalam poin-poin tertentu. Pengaplikasian sajian ini ditemukan
di berbagai portal media di Indonesia, salah satunya Hipwee. Hipwee merupakan
media online yang masih baru, namun memiliki perkembangan yang diklam
tercepat dibandingkan media-media sebelumnya. Fenomena ini menjadi alasan
peneliti untuk melihat bagaimana diferensiasi strategi yang digunakan media
Hipwee dalam mengembangkan sajian konten listikel dibandingkan dengan
kompetitornya. Penelitian ini berusaha untuk memetakan posisi sajian listikel
Hipwee dalam persaingan. Juga menjelaskan diferensiasi dan strategi yang
digunakan pada sajian listikel di media Hipwee. Adapun metode penelitian
deskriptif kuantitatif dengan perpaduan teknik analisis isi dan multidimensional
scalling digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menujukkan posisi
koordinat Hipwee terhadap seluruh atribut produk listikel yang diuji berada di
dimensi IV dengan nilai dimensi positif dan negatif. Ini menjadikannya memiliki
kecenderungan unggul pada aspek volume dan main focus area. Hipwee memang
memiliki diferensiasi bila dibandingkan dengan media kompetitornya, namun tidak
terlalu menonjol. Hipwee menduduki peringkat kedua unggul setelah IDN Times
dan memiliki karakter yang mirip dengan Popbela.
Kata Kunci : listikel; atribut produk; strategi diferensiasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | listikel; atribut produk; strategi diferensiasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 17 May 2022 06:44 |
Last Modified: | 23 May 2022 07:06 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29783 |
Actions (login required)
View Item |