STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN PEMERINTAHAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI BERBASIS DIGITAL JOGJA SMART SERVICE

Dealasesa, Ashifa (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN PEMERINTAHAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI BERBASIS DIGITAL JOGJA SMART SERVICE. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[thumbnail of DAFTAR_ISI_ASHIFADEA.pdf] Text
DAFTAR_ISI_ASHIFADEA.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of ABSTRAK_ASHIFADEA.pdf] Text
ABSTRAK_ASHIFADEA.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of HALAMAN_JUDUL_COVER_ASHIFADEA.pdf] Text
HALAMAN_JUDUL_COVER_ASHIFADEA.pdf

Download (131kB)

Abstract

Perkembangan teknologi membuat pemerintahan Kota Yogyakarta memilih
pemanfaatan teknologi informasi untuk membantu memberikan pelayanan kepada
masyarakat secara maksimal dan optimal. Yogyakarta menerapkan konsep Smart
City atau kota cerdas yaitu sebuah kota harus memiliki sebuah sistem yang
terintegrasi dan terbuka untuk semua orang. Penerapan Smart City dilakukan
dengan penggunaan aplikasi “Jogja Smart Service”. Aplikasi ini dibuat untuk
mempermudah masyarakat dalam segala aspek serta terdapat banyak layanan dan
jasa. Pemerintahan Kota Yogyakarta melalui Dinas Komunikasi Informatika dan
Persandian bekerjasama menjadi fasilitator aplikasi JSS dan bertugas megenalkan
aplikasi JSS kepada masyarakat. Pemerintahan Kota Yogyakarta ingin masyarakat
terbuka dengan aplikasi JSS, tugas Diskominfosan membantu mensosialisasikan
aplikasi JSS ke masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana
strategi komunikasi pemerintahan Kota Yogyakarta dalam mensosialisasikan
aplikasi JSS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan
menggunakan teori perencanaan komunikasi dengan tahapan perencanaan strategi,
pelaksanaan, evaluasi dan menentukan Bauran Promosi dalam mensosialisasikan
aplikasi JSS. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pemerintahan Kota Yogyakarta
menggunakan strategi komunikasi edukatif dan persuasif. Pelaksanaanya
menggunakan tiga jenis bauran promosi seperti iklan, pemasaran secara langsung
dan even. Contohnya baliho, spanduk, brosur, display video, sosialisasi secara
langsung dan menggunakan sosial media berupa instagram @pemkotjogja.
Mengadakan acara workshop photography dan lomba photography, dan Job Fair.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Smart City, Strategi, Sosialisasi, Jogja Smart Service
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:29
Last Modified: 22 Aug 2022 04:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29441

Actions (login required)

View Item View Item