MPLEMENTASI METODE MARKET BASKET ANALYSIS PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CT-PRO (Studi Kasus : Toko Bambang, Kebumen)

Supriyatna, Achmad Davit Adi (2021) MPLEMENTASI METODE MARKET BASKET ANALYSIS PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN ALGORITMA CT-PRO (Studi Kasus : Toko Bambang, Kebumen). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
Skripsi Full-Achmad Davit Adi Supriyatna.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahab Penguji.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Toko Bambang merupakan brntuk UMKM setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi pemasaran dan manajemen usaha yang baik. Dengan memanfaatkan data transaksi penjualan, manajemen dapat mengetahui kebiasaan atau perilaku pelanggan mengenai produk apa saja yang dibeli. Cara mengetahui produk yang dibeli secara bersamaan dapat dilakukan dengan analisa keranjang belanja (Market Basket Analisys), yaitu metode dari data mining untuk menemukan suatu kombinasi kombinasi item. Proses pencarian menggunakan algoritma CT-Pro dimana algoritma ini lebih unggul dibandingkan algoritma lainnya untuk menghasilkan pola kombinasi item dan rules sebagai ilmu pengetahuan dan informasi yang penting. Hasil penelitian dari data transaksi bulan Januari-Maret 2021 dengan nilai minimum support 2-12% dan confidence 30-50% didapatkan hasil aturan asosiasi dengan trend pembelian konsumen yang mempunyai keterikatan terbaik ialah produk segitiga terigu → telor 1kg dengan nilai support 11,27%, nilai confidence 53,01% dan lift ratio 1,79%. Kata kunci: Market Basket Analysis, Association Rule, Algoritma CT-Pro

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Market Basket Analysis, Association Rule, Algoritma CT-Pro
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:50
Last Modified: 30 Mar 2022 06:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29273

Actions (login required)

View Item View Item