PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA YANG OPTIMAL DENGAN METODE WORKLOAD ANALYSIS (Studi kasus di UKM SlickLuck, Sembung, Berbah, Sleman, Yogyakarta)

Prasetyo, Igent Galang (2020) PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA YANG OPTIMAL DENGAN METODE WORKLOAD ANALYSIS (Studi kasus di UKM SlickLuck, Sembung, Berbah, Sleman, Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
Skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Judul.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Saat ini industri kecil yang berkembang dan dalam perkembangan kebutuhan sumber daya manusia semakin meningkat dari segi kualitas maupun kuantitas. Maka dari itu diperlukan pengukuran beban kerja untuk menghadapi persaingan yang kompetitif. Hal ini dapat dipenuhi dengan melakukan pengaturan terhadap jadwal penyelesaian permintaan. Salah satu faktor yang berpengaruh agar pesanan dapat diselesaikan atau terpenuhi sesuai dengan jadwal yang ditetapkan yaitu faktor waktu, pekerja atau tenaga kerja yang terlibat. UKM SlickLuck merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang konveksi yang ada di Berbah, Yogyakarta dengan jumlah pekerja 8 orang tujuan dari penelitian ini adalah menentukan jumlah tenaga kerja berdasarkan metode workload analysis. Untuk mengetahui berapa tenaga kerja yang dibutuhkan dilakukan pengamatan dengan metode jam henti dan kriteria perhitungan yang digunakan adalah waktu siklus, rating faktor untuk menghitung waktu normal, kelonggaran untuk menghitung waktu baku, selanjutnya dihitung dengan WLA. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan dengan metode WLA diperoleh adanya alokasi pekerja dari 2 stasiun kerja yaitu stasiun kerja desain dan stasiun kerja finishing yang masing-masing mengalokasikan 1 pekerja ke stasiun penyablonan. Perusahaan tidak perlu menambah biaya upah pekerja karena tidak adanya penambahan tenaga kerja. Kata kunci : Tenaga Kerja, Work Load Analysis, beban kerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja, Work Load Analysis, beban kerja
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:59
Last Modified: 30 Mar 2022 04:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29272

Actions (login required)

View Item View Item