ARAUJO, PUTU ROMARIO DIAKSENA (2022) UPAYA PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN CINA KE INDONESIA TAHUN 2014 – 2019. Diploma thesis, UPN Veteran Yogyakarta.
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (907kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI_PUTU ROMARIO DIAKSENA ARAUJO_151160104.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Sektor pariwsata merupakan sektor yang menjanjikan, guna memaksimalkan potensi yang ada di Indonesia, pariwisata dijadikan sebagai salah satu sektor prioritas yang tertuang dalam Nawacita yang merupakan visi dari Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla tahun 2014-2019. Pariwisata memberikan sumbangsih yang besar terhadap devisa negara. Cina sebagai salah satu negara dengan perekonomian dan penduduk yang besar di dunia, menjadi salah satu target wisatawan bagi Indonesia. Namun jika dibandingkan dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara dalam jumlah kunjungan wisatawan Cina masih jauh dibandingkan dengan Singapura, Malaysia, dan Thailand, meskipun Indonesia memilki potensi yang besar guna mendukung sektor pariwisatanya. Sehingga Pemerintah Indonesia melakukan berbagi upaya guna meningkatkan kunjungan wisatawan Cina. Aktor non negara ikut serta membantu upaya Pemerintah Indonesia. Upaya Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kunjungan wisatawan Cina ke Indonesia Tahun 2014 – 2019 dianalisis dengan menggunakan konsep Diplomasi Komersial. Penggunaan konsep ini didasarkan pada terlibatnya aktor lain selain pemerintah dan strategi dalam Diplomasi Komersial yang digunakan yaitu Promosi pariwisata (Promotion of Tourism), Jaringan dan hubungan masyarakat (Networking & Public Relations), dan Kerja sama dalam sains dan teknologi (Co-operation in Science and Technology). Kata Kunci : Pariwisata, Cina, Promosi, Upaya, Nawacita, Diplomasi Komersial, Pemerintah Indonesia ABSTRACT The tourism sector is a promising sector, in order to maximize the potential of tourism in Indonesia, it becomes of the priority sectors as stated in Nawacita. Nawacita is the vision of President Joko Widodo administration in 2014-2019. Indonesian tourism provides a substantial contribution to the country's foreign exchange. China, as one of the countries with a large economy and population in the world, has become one of the target market for Indonesia. However, compared to Indonesia's neighboring countries in Southeast Asia, the number of visitors by Chinese tourists is still far from the target. It compares to spesific country like Singapore, Malaysia and Thailand. Indonesian Government makes various effort to increasing the visit of Chinese tourists. Non-state actors is involving in the efforts of Indonesian Government. In the Indonesian Government's efforts to increase the visit of Chinese tourists to Indonesia in 2014-2019 were analyzed using the concept of Commercial Diplomacy. The use of this concept is based on the involvement of other actors besides the government and the strategies in Commercial Diplomacy, namely the Promotion of Tourism, Networking and Public Relations, and Cooperation in Science and Technology. Keywords: Tourism, China, Promotion, Effort, Nawacita, Commercial Diplomacy, Indonesian Government.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tourism, China, Promotion, Effort, Nawacita, Commercial Diplomacy, Indonesian Government. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare J Political Science > JA Political science (General) |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 06:58 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 06:58 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/29002 |
Actions (login required)
View Item |