Maharaniputri, Aninda (2020) PENGARUH MEMORABLE TOURISM EXPERIENCE TERHADAP TOURIST SATISFACTION, AFFECTIVE COMMITMENT DAN STORYTELLING BEHAVIOR (Studi pada wisatawan yang telah berkunjung ke Candi Borobudur). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK_ANINDA MAHARANIPUTRI_152160114.pdf Download (290kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_ANINDA MAHARANIPUTRI_152160114.pdf Download (316kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI_ANINDA MAHARANIPUTRI_152160114.pdf Download (316kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN_ANINDA MAHARANIPUTRI_152160114.pdf Download (126kB) | Preview |
Text
SKRIPSI FULL_ANINDA MAHARANIPUTRI_152160114-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA_ANINDA MAHARANIPUTRI_152160114.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Aninda Maharaniputri, Nomor Induk Mahasiswa 152160114, Jurusan Ilmu
Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas
Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian “Pengaruh
Memorable Tourism Experience terhadap Tourist Satisfaction, Affetive
Commitment, dan Storytelling Behavior (Studi Pada Wisatawan yang telah
Berkunjung di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang)”. Pembimbing 1 Eny
Endah Pujiastuti dan Pembimbing II Adi Soeprapto.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Memorable Tourism
Experience terhadap Tourist Satisfaction, Affective Commitment, dan Storytelling
Behavior (Studi Pada Wisatawan yang telah Berkunjung di Candi Borobudur,
Kabupaten Magelang). Populasi dalam penelitian ini adalah wisatawan Candi
Borobudur. Penelitian ini menggunakan tipe explanatory dengan pendekatan
kuantitatif. Populasinya merupakan seluruh wisatawan di Destinasi Wisata Candi
Borobudur yang telah berkunjung minimal untuk kedua kalinya. Ukuran sampel
dengan 130 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobalility
sampling. Teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial
menggunakan SEM AMOS dan Uji Sobel.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Memorable Tourism
Experience berpengaruh signifikan terhadap Tourist Satisfaction, Memorable
Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap Affective Commitment,
Memorable Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap Storytelling
Behavior, Tourist Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Affective
Commitment, Tourist Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Storytelling
Behavior, Affective Commitment berpengaruh signifikan terhadap Storytelling
Behavior, Tourist Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Storytelling
Behavior melalui Affective Commitment, Memorable Tourism Experience
berpengaruh signifikan terhadap Storytelling Behavior melalui Tourist Satisfaction,
Memorable Tourism Experience berpengaruh signifikan terhadap Storytelling
Behavior melalui Affective Commitment.
Berdasarkan hasil penelitian, Candi Borobudur harus mampu
mempertahankan dan meningkatkan Pengalaman wisata masa lalu yang berkesan
yang diterima oleh wisatawan, sehingga wisatawan akan memiliki Kepuasan dan
Komitmen Afektif sehingga memberikan dampak yang signifikan pada Perilaku
Mendongeng terhadap destinasi wisata tersebut.
Kata Kunci: Memorable Tourism Experience, Tourist Satisfaction, Affective
Commitment, Storytelling Behavior
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Memorable Tourism Experience, Tourist Satisfaction, Affective Commitment, Storytelling Behavior |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 14 Mar 2022 03:19 |
Last Modified: | 31 May 2024 07:07 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28940 |
Actions (login required)
View Item |