PENGARUH TERPAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA FISIP UPN “VETERAN” YOGYAKARTA

Nazula, Sayidatu (2012) PENGARUH TERPAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA FISIP UPN “VETERAN” YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (319kB)

Abstract

ABSTRAK Dewasa ini perkembangan di dunia pendidikan semakin maju yang ditandai dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia pendidikan. Keadaan seperti ini perlu didukung oleh kebijakan pemerintah yang membenarkan perkembangan tekologi komunikasi pendidikan. Perkembangan teknologi komunikasi saat ini memungkinkan setiap dosen dekat dengan mahasiswa meskipun melalui media elektronik. Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh dosen untuk dekat dengan mahasiswa adalah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi dengan media elektronik. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh terpaan teknologi komunikasi terhadap minat belajar mahasiswa. Metode yang efektif untuk menjangkau mahasiswa potensial dalam jumlah yang sangat besar adalah menggunakan teknologi komunikasi dengan media elektronik. Dengan teknologi komunikasi, dosen akan mampu menjangkau dan mengerakkan antusiasme mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode survey yakni pengamatan dan penyelidikan secara kritis untuk mendapatkan keterangan yang tepat terhadap suatu persoalan dan obyek tertentu di daerah kelompok komunitas atau lokasi tertentu akan ditela’ah. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah sebagian mahasiswa Fisip UPN “Veteran” Yogyakarta. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik cluster sampling. Hasil analisis pearson correlation menunjukkan bahwa variabel terpaan teknologi komunikasi oleh dosen mempunyai hubungan signifkan dengan minat belajar mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. Hal ini dapat diartikan, jika erpaan teknologi komunikasi oleh dosen meningkat, maka minat belajar mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta juga akan meningkat dan hasil analisis regresi linier menunjukkan bahwa variabel terpaan teknologi komunikasi oleh dosen mempunyai pengaruh positif terhadap minat belajar mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta. Hal ini dapat diartikan, jika terpaan teknologi komunikasi oleh dosen meningkat, maka minat belajar mahasiswa FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta juga akan mengalami peningkatan signifikan. Diperoleh R2 sebesar 0,274 artinya variabel dependen dalam model yaitu minat belajar mahasiswa dijelaskan oleh variabel independen yaitu penggunaan teknologi komunikasi oleh dosen sebesar 27,4%, sedangkan sisanya sebesar 72,6% dijelaskan oleh variabel lain di luar model, misalnya variabel kompetensi dosen, kemampuan mengajar dosen, dll. ABSTRACT Today, the growth of education is in progress, we can feel how the strict of competition in the education world. This condition, I think need some supports from the government policy that justify the growth of communication technology of education. The growth of communication technology in the present day make possible every university lecture close to their students, although the relation is just by means of electronic medium. Formulation problem in this research is what effect variable communication technology by the lecture has significance correlation with the study interest. One of attempt possible to do by the lectures are to make use of the growth of communication technology mix with electronic medium. Meanwhile, the effective method to reach potential students in a great mount is the usage of the communication technology with electronic medium. Through this communication technology, hoped that lectures able to reach and move the students enthusiasm. This research method uses the surveys’s method, it means critical observe and reseach to gain exactly explanation to the special case and object in the community group area or special location will be analized. This sample research is a part of students of UPN Veteran FISIP (Faculty of Social and Politics) Yogyakarta. The sampling method technique is non probability sampling with cluster sampling technique. The analysis result of pearson correlation shows that the variable communication technology by the lecture has significance correlation with the study interest of the FISIP students of UPN “Veteran” Yogyakarta where. It means that, if the usage of the communication technology by lectures raise, so the study interest by the students of FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta are also raise and the result of linear regression analysis shows that variable of the usage of the communication technology used by lectures have positive impact to the study interest of the students of FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta . This condition means that, if the usage of the communication technology by lectures raise, so the study interest of the students of FISIP UPN “Veteran” Yogyakarta is also significance increase too. Value R2 0,274 it means that dependent variable in models that study interest by independent variable that communication technology by the lecture 27,4%, also 72,6% by other variable outside models, example lecture competention variables, lecture credibility learning, etc.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 02 Jun 2016 04:10
Last Modified: 02 Jun 2016 04:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item