ANALISIS POTENSI, EFEKTIVITAS, DAN KONTRIBUSI PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB P2) PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA YOGYAKARTA (Studi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2015-2019)

Indriyanti, Riski (2021) ANALISIS POTENSI, EFEKTIVITAS, DAN KONTRIBUSI PAJAK BUMI DAN BANGUNAN SEKTOR PERDESAAN DAN PERKOTAAN (PBB P2) PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KOTA YOGYAKARTA (Studi pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2015-2019). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
1. Skripsi_Riski Indriyanti_152170002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (971kB)
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar pengesahan.pdf

Download (787kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar potensi, tingkat efektivitas, dan kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan pada Pendapatan Asli Daerah Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 14 Kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta dan kemudian seluruh populasi tersebut dijadikan sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Potensi Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan di Kota Yogyakarta tahun 2019 adalah sebesar Rp. 202.504.527.870 atau sebesar 40,73%. Hasil perhitungan efektivitas Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan Kota Yogyakarta menunjukkan angka rata-rata persentase diatas 100%, dengan kriteria “Sangat Efektif”. Hasil perhitungan kontribusi Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan Kota Yogyakarta menunjukkan persentase angka lebih dari 4% dengan kriteria “Sangat Berkontribusi”. Saran untuk Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta khususnya Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah agar bisa mengkaji ulang untuk penetapan target dan penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan agar sesuai dengan potensi riil yang ada, tidak hanya berdasarkan penerimaan dari tahun-tahun sebelumnya. Kata Kunci: Potensi, Efektivitas, Kontribusi, Pendapatan Asli Daerah

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Potensi, Efektivitas, Kontribusi, Pendapatan Asli Daerah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:21
Last Modified: 02 Mar 2022 07:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28580

Actions (login required)

View Item View Item