Br Sembiring, Febri Fitri Sari (2021) PERBANDINGAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER DAN LEXICON BASED PADA ANALISIS SENTIMEN DI MEDIA SOSIAL SEBAGAI REKOMENDASI KREDIT ONLINE. Diploma thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
| 
              
Text
 Laporanfull_FebriFitriSari.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB)  | 
          |
Preview  | 
            
              
Text
 COVER.pdf Download (231kB) | Preview  | 
          
Preview  | 
            
              
Text
 ABSTRAK.pdf Download (114kB) | Preview  | 
          
Preview  | 
            
              
Text
 DAFTAR ISI.pdf Download (185kB) | Preview  | 
          
Preview  | 
            
              
Text
 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) | Preview  | 
          
Preview  | 
            
              
Image
 Halaman Pengesahan Pembimbing.jpg Download (2MB) | Preview  | 
          
Preview  | 
            
              
Image
 Halaman Pengesahan Penguji.jpg Download (3MB) | Preview  | 
          
Abstract
Media sosial seperti Instagram dan Playstore dapat dijadikan sebagai sumber informasi 
dari jejak digital berupa pertanyaan atau opini. Salah satunya yaitu opini mengenai pinjaman 
online yang digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pinjaman secara 
online. Oleh karena itu dibutuhkan analisis sentimen yang dapat menilai sentimen dari opini 
yang disampaikan di media sosial apakah bersifat positif, negatif atau netral. Analisis 
sentimen dapat dilakukan dengan metode machine learning seperti Naïve Bayes Cassifier
dan Lexicon Based yang merupakan teknik machine learning yang popular dalam 
pengklasifikasian teks. Kedua metode tersebut juga memiliki perfoma yang baik pada 
banyak domain 
 Pada penelitian ini data yang digunakan adalah komentar dari media sosial Homekredit 
dan Kredivo yang diambil secara manual dengan scrapping dari Instagram dan Playstore. 
Kemudian data akan dilakukan preprocessing. Pembobotan setiap kata atau fitur 
menggunakan term frequency-inverse document frequency (TF-IDF) dan selanjutnya 
dilakukan proses training dengan menggunakan algortima Naïve Bayes Classifier dan 
Lexicon Based. Pengujian dilakukan dengan menggunakan data sebanyak 1533 dengan 
perbandingan data latih 80% dan data uji 20%.
Hasil pengujian pada sistem yang dibangun mengunakan data uji memperlihatkan 
bahwa metode Lexicon Based memberikan akurasi, presisi, dan recall yang lebih baik dari 
pada metode Naïve Bayes Classifier dengan nilai akurasi 83%, presisi 81% dan recall 82%. 
Pengujian pada aplikasi Kredivo diperoleh hasil bahwa metode Lexicon Based menghasilkan 
kinerja yang lebih baik daripada Naïve Bayes Classifier dengan nilai akurasi 82%, presisi 
85%, dan recall 91%, sedangkan pada aplikasi Homekredit metode Lexicon Based juga 
menghasilkan kinerja yang lebih baik daripada Naïve Bayes Classifier dengan nilai akurasi 
82%, presisi 85%, dan recall 91%.
| Item Type: | Thesis (Diploma) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kredit online, analisis sentimen, media sosial, naive bayes classifier, lexicon based | 
| Subjek: | T Technology > TX Home economics | 
| Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences | 
| Depositing User: | Eny Suparny | 
| Date Deposited: | 02 Mar 2022 03:29 | 
| Last Modified: | 02 Mar 2022 03:29 | 
| URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/28552 | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
