PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA RADIO MAGELANG FM DAN RADIO SWARA MUSVIA FM KOTA MAGELANG DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR

WAGIRAN, RUT ANINDIA RIZKY (2012) PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA RADIO MAGELANG FM DAN RADIO SWARA MUSVIA FM KOTA MAGELANG DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

xvii
ABSTRAK
PERBANDINGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA
RADIO MAGELANG FM DAN RADIO SWARA MUSVIA FM KOTA
MAGELANG DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR
Melihat perkem
ban
gan radio di Kota Magelang yang begitu pesat pada
saat ini, kurang lebih ada sembilan (9) buah stasi
un yang telah memiliki izin.
Menimbulkan daya saing yang ketat dalam mendapatkan pangsa pendengar.
Stasiun
-
stasiun radio yang ada berusaha menerapkan segmentasi pendengar dalam
menghadapi persaingan tersebut. Hal ini untuk meraih pangsa pendengar
sebanyak
mungkin.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui upaya yang dilakukan Radio
Magelang FM dan Radio Swara Musvia FM
Kota Magelang dalam meraih pangsa
pendengar, mengetahui manajemen program siaran dan mengetahui upaya yang
dilakukan dalam meraih minat
pendengar untuk menjadi pendengar setia di Radio
Magelang FM dan Radio Swara Musvia FM. Jenis penelitian yang dipergunakan
adalah penelitian deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan datanya meliputi
observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka.
Dari hasil penelit
ian dapat diketahui perbedaan
-
perbedaan strat
e
gi
manajemen siaran, pada Radio Magelang FM dan R
adio Swara Musvia FM Kota
Magelang.
Perbedaan itu terdapat pada kegiatan
penyiaran
, manajemen marketing
serta tugas dan kedudukan dalam menjal
ankan kegiatan siarannya. Strategi
dan
manajemen sangat dibutu
hkan dalam menjalankan suatu organisasi ata
u
perusahaan, dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi
program
-
program siaran.
Berdasarkan hasil kesimpulan di atas diharapkan
bahwa
strategi
pemasaran
Radio Swara Musvia FM dan Radio Magelang FM Kota Magelang
sudah secara baik dan memuaskan khalayak pendengar, namun harus tetap
meningkatkan kualitas dan mengembangkan program siaran, agar khalayak
pendengar khususnya di Mag
elang merasa puas dengan program
-
program yang
telah disiarkan.
xviii
ABSTRACT
COMPARISON OF MARKETING COMMUNICATIONS STRATEGY ON
MAGELANG FM
RADIO AND
SWARA
MUSVIA
FM
RADIO
MAGELANG ATTRACT INTEREST IN HEARING
See the development of radio in Magelang that are so rapidly at present,
there are approximately nine (9) fruit stations that already have permission. Pose
strict competitiveness in gaining share of listeners. The radio stations are trying to
apply the seg
mentation of audiences in the face of such competition. This is to
reach your potential audience as possible.
This study aimed to determine the efforts made Magelang FM Radio and
Swara Musvia FM Radio
Magelang in grabbing audience share, learn and know
the
broadcast program management efforts undertaken in the interest of listeners
to reach a loyal audience in Magelang FM Radio and
Swara Musvia FM Radio
.
This type of research that is used is qualitative and descriptive research in data
collection include ob
servation, interviews, documentation and literature study.
From the research results can be known differences broadcast management
strategy, in Magelang FM Radio and
Swara Musvia FM Radio
Magelang.
Differences were found in Persiaran activities, marketing
and management tasks
and position in the course of its broadcast. Strategy and management is needed in
running an organization or company, in the framework of planning,
implementation, monitoring and evaluation of programs broadcast.
Based on the results o
f the above conclusions ar
e expected Swara Musvia
FM Radio
and
Magelang FM Radio
Magelang, despite being a good listener and
satisfying audiences, but have to keep improving and developing the quality of
broadcast programs, so that the listener audience, e
specially in Magelang were
satisfied with the programs that have been broadcasted.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 01 Jun 2016 06:59
Last Modified: 01 Jun 2016 06:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item