PERAMALAN STOK FROZEN FOOD PADA TOKO OMIFOOD MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT

Handika, Deva Mutiara Putri (2022) PERAMALAN STOK FROZEN FOOD PADA TOKO OMIFOOD MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI FULL_DEVAMUTIARAPUTRIHANDIKA_123140021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover (1).pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI (2).pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN PEMBIMBING.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Semenjak pandemi berlangsung dari bulan Maret 2020, masyarakat banyak melakukan kegiatan di rumah saja karena adanya perintah lock down dari pemerintah guna mengurangi mobilitas penduduk agar mengurangi persebaran Covid-19. Oleh karena itu segala kegiatan dari mulai bekerja, sekolah, dan otomatis pekerjaan rumah meningkat. Pekerjaan rumah ini termasuk dengan lebih banyak orang yang memasak sendiri di rumah selama pandemi berlangsung. Hal ini mengakibatkan masyarakat lebih memilih untuk membeli kebutuhan pangan yang bersifat masih mentah atau siap masak. Salah satunya yaitu frozen food, pilihan kebutuhan pangan yang mudah untuk disiapkan. Toko Omifood merupakan salah satu toko yang menjual frozen food. Dengan terciptanya keadaan supply and demand pada produk frozen food di toko Omifood, terjadilah sebuah permasalahan yang dapat dilihat melalui keadaan stok barang pada toko tiap bulannya. Kondisi ini dapat diatasi dengan menggunakan sebuah metode peramalan yaitu Trend Moment dimana metode ini akan meramalkan nilai-nilai yang akan diprediksi melalui data-data bulan-bulan sebelumnya untuk digunakan sebagai acuan peramalan pada bulan selanjutnya. Dalam metode peramalan ini akan berupa peramalan berbasis web. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa dari 10 data yang diteliti, nilai pengujian MAPE terendah ada pada produk Champ Sosis Ayam dengan nilai sebesar 11,99% dan nilai akurasi sebesar 88,01% yang termasuk dalam kategori “Baik”. Sedangkan nilai pengujian MAPE terendah ada pada produk Cedea Fish Ball dengan nilai sebesar 81,39% dengan nilai akurasi sebesar 18,61% yang termasuk dalam kategori “Rendah”. Menurut tujuan penelitian ini, owner dapat mengetahui perbedaan antara data aktual dan data peramalan dari nilai-nilai pengujian yang dihasilkan dari masing-masing produk yang diteliti sehingga dapat dipakai untuk penentuan keputusan dalam mempersiapkan stok produk yang akan dijual di masa mendatang. Kata kunci: Stok Barang, Peramalan, Trend Moment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Stok Barang, Peramalan, Trend Moment.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Jan 2022 05:05
Last Modified: 24 Jan 2022 09:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27906

Actions (login required)

View Item View Item