CHAMIL, RADITYA A (2012) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL TWITTER DENGAN INTENSITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ( Studi Pengguna Twitter Pada Mahasiswa Angkatan 2009, 2010, dan 2011 Program Studi Ilmu Komunikasi UPN FISIP “Veteran” Yogyakarta ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian
ini berjudul “Hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial
twitter
dengan intensitas komunikasi interpersonal mahasiswa program studi ilmu
komunikasi UPN FISIP “veteran” Yogyakarta. Alasan pemilihan judul ini karena saat
ini sit
us jejar
ing sosial
twitter
sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia
khususnya mahasiswa
.
Mereka menggunakan
twitter
tidak hanya untuk bersenang
-
senang saja atau iseng, tetapi juga sebagai media untuk mencari teman baru, berbisnis
online
, dan ju
ga untuk berkomunikasi.
Adapun alasan memilih UPN FISIP “veteran”
Yogyakarta karena mahasiswa komunikasi mempelajari dan memperdalam ilmu
komunikasi dan otomatis sering melakukan komunikasi interpersonal secara tatap
muka maupun melalui media seperti situs
jejaring sosial
twitter
ini. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan intensitas penggunaan situs
jejaring sosial
twitter
dengan intensitas komunikasi interpersonal mahasiswa Program
Studi Ilmu Komunikasi UPN FISIP “veteran” Yogyak
arta. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kuantitatif, dimana hubungan antar variabel yang ada
dijelaskan dengan cara dikuantifikasikan atau diangkakan dengan menyebarkan
kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data yang pokok untuk diteli
ti. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 913 Mahasiswa, sedangkan sampel
yang digunakan berjumlah 90 mahasiswa. Sampel
yang digunakan dalam penelitian
ini didasarkan pada 10 indikator, diantaranya frekuensi mengakses
twitter
, intensitas
m
engakses
twitter
, durasi mengakses
twitter
, ketertarikan mengakses
twitter,
keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, kesamaan, dan ketertarikan
berkomunikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang
signifikan antara variabel
intensitas penggunaan situs jejaring sosial
twitter
dengan
intensitas komunikasi interper
s
o
nal
sebesar 0,001 dan koefisien sebesar 0,331 yang
berada pada rentang 0,20
–
0,399. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang rendah antara intensitas
penggunaan situs jejaring sosial
twitter
dengan inte
nsitas komunikasi interpersonal dan terdapat hubungan yang positif antara
intensitas penggunaan situs jejaring sosial
twitter
dengan intensitas komunikasi
interpersonal.
Penelitian ini mendukung teori
Use
s & Gratifications
dan juga
Computer Mediated Comunication
(CMC).
ABSTRACT
This study entitled "Relationship intensity of use of social networking
sites
twitter
with the intensity of interpersonal communication communication
science courses students F
ISIP UPN" Veteran "Yogyakarta. . The reason for selecting
this title because of the current social networking site
Twitter
has been consumed by
many people in Indonesia, especially
students
.
They are using
twitter
is not just for
fun, but also as a medium
to make new friends, online business, and also to
communicate.The reason for choosing FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta for college
students studying communication sciences and deepen communication and automatic
frequent interpersonal communication in person
or through media such as social
networking sites
twitter
this.The purpose of this study was to determine how the
intensity of the relationship of social networking sites use
twitter
with the intensity of
interpersonal communication students of Communicatio
n Sciences Studies Program
FISIP UPN "Veteran" Yogyakarta.
The research method used was a quantitative
study, where relationships between variables are described in a way quantified or
rated method by distributing questionnaires as a tool to collect the ba
sic data for
analysis.
Population used in this study amounted to 913 students, while the samples
used amounted to 90 students.
The variables that used in this study are based on 10
indicators, including the frequency of accessing
twitter,
twitter
access in
tensity,
duration of access
twitter
,
twitter
access
interest
,
openness, empathy, supportiveness,
positiveness, equality, and interest in communicating.
The results showed that there is
a significant relationship between the variable intensity of the use of
social
networking sites
twitter
with interpersonal communication intensity of 0.001 and
coefficient of 0.331 which
is in the range of 0.20 to 0.399. It can be concluded that
there is a
relationship between
low
-
intensity use of social
networking
sites
twitt
er
with the intensity of interpersonal communication and positive
relationship exists between the intensity of the use of social networking
sites
twitter
with the intensity of interpersonal communication.This study supports
the theory
of
Uses & Gratificati
ons
and
Computer Mediated Comunication
(CMC).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 02:13 |
Last Modified: | 01 Jun 2016 02:13 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2770 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |