Strategi manajemen penyiaran Radio Argosoro FM di Wonosari Gunungkidul dalam Mempertahankan existensinya

NAVITRILOVA, CICILIA RISDA (2011) Strategi manajemen penyiaran Radio Argosoro FM di Wonosari Gunungkidul dalam Mempertahankan existensinya. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

xiv Abstrak Radio merupakan media massa yang menyampaikan isi pesannya berupa informasi, hiburan, berita, dan pendidikan dengan cara audio. Radio yang baik ialah radio yang keberadaannya dapat diterima oleh masyarakat dan isi siarannya banyak disukai oleh masyarakat luar pada umumnya dan beberapa pendengar tertentu yang menjadi sasarannya khususny a. Dalam bersiaran, seharusnya radio memiliki program acara yang sesuai selera pendengar, memiliki program unggulan, dan penyiar yang memiliki keistimewaan sendiri dalam berkomunikasi dengan pendengarnya. Seperti halnya dengan radio Argososro FM ini yang melebarkan sayapnya di Wonosari Gunungkidul dengan beberapa program acaranya yang menyesuaikan selera pendengarnya, selain itu tidak lupa membuat program acara unggulaya, yaitu campur sari. Dalam penelitian ini, penulis merumuskan masalah yakni “Bagaimana strategi manajemen Radio Argosoro FM dalam mempertahanka existensnya?” Tuju an dari penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi manajemen yang digunakan, teknik penyiaran yang dilakukan, dan aktifitas keseluruhan radio Argososro Fm Teori yang digunakan dalam pembuatan penelitian ini ditujukan pada strategi dalam sebuah manajemen penyiaran dalam tujuan mempertahankan existensinya. Pendekatan yang digunakan oleh pe nelitian ini ialah pendekatatan kualitatif dengan metode deskriptif yang enghasilkan data deskrptif tentang Strategi Manaemen Penyiaran Radio Argososro FM di Wonosari Gunungkidul dalam Mempertahankan existensinya. Pe ngumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Argososro FM ini memiliki beberapa strategi dalam memanajemen dalam mempertahankan existensinya.beberapa strategi yang digunakan adalah dengan pengelompokan pendengar, mentargetkan audien, pemilihan program acara yang sesuai selera pendengar dan pemilihan program unggulan yaitu campursari, pelayanan yang memuaskan dan manajemen yang baik. Adapula strategi yang digunakan dalam melakukan manajemen sehingga menghasilkan kinerja yang memuaskan, yaitu dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. xv abstract Radio is a mass media that convey the content of his message in the form of information, entertainment, news, and education by means of the audio. A good radio is a radio whose existence can be accepted by society and the content of broadcasts favored by many outside the community in general and some specific to the target audience in particular. In broadcasting, the radio should have a program to suit tastes of listeners, has excellent programs, and broadcasters who have their own privilege in communicating with his audience. As with this FM radio Argososro that spread its wings in Wonosari Gunungkidul with some of its programs that fit audience tastes, but it does not forget to make the flagship programs, namely campursari. In this study, the authors formulate the problem of "How Argosoro FM Radio management strategy in defending his existens?" The purpose of this study was to determine the management strategy used, the technique of broadcasting is performed, and the overall activity Argososro Fm radio. The theory used in the manufacture of this research is aimed at broadcasting management strategy in its aim of maintaining existensi, The approach used by this study is a qualitative approach with descriptive methods that generate data about the St rategy Management deskrptif Argososro FM Radio Broadcasting in Wonosari Gunung kidul in Maintaining its existensi. Collecting data in this study is the observation techniques, interviews, documentation and data analysis. The results showed that Argososro FM has several strategies in management in maintaining its existensi. Some of the strategies used is the grouping of listeners, target audience, program selection event listener to taste and selection of excellent programs cam pursari, outstanding service and good management. There is also a strategy used in the conduct of management resulting in satisfactory performance, with the planning, implementation, and evaluation.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 01 Jun 2016 02:03
Last Modified: 01 Jun 2016 02:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2767

Actions (login required)

View Item View Item