PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERILAKU BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta)

ADITAMA, GIVLI (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, PERILAKU BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER_142140144_GIVLI ADITAMA.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_142140144_GIVLI ADITAMA.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_142140144_GIVLI ADITAMA.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_142140144_GIVLI ADITAMA.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN_142140144_GIVLI ADITAMA.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT_142140144_GIVLI ADITAMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

his study aims to examine learning motivation, learning behavior, and emotional intelligence to have an empirical effect on accounting understanding. This study uses primary data, namely by providing questions in the form of questionnaires which are distributed to respondents who are active students at the “Veteran” National Development University, Yogyakarta. Samples were selected using random sampling method. Respondents in this study were students who were still active. A total of 115 questionnaires were sent and 115 questionnaires were returned. The data obtained were then processed and analyzed as many as 115 questionnaires. The statistical method used to test the hypothesis is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that empirically learning motivation and learning behavior affect accounting understanding, while emotional intelligence does not empirically affect the level of accounting understanding. Keywords: learning motivation, learning behavior, emotional intelligence, accounting understanding ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji motivasi belajar, perilaku belajar, dan kecerdasan emosional berpengaruh secara empiris terhadap pemahaman akuntansi. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu dengan menyediakan pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang dibagikan kepada responden yang merupakan mahasiswa yang masih aktif di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Sampel dipilih dengan menggunakan metode Random sampling. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masih aktif. Sebanyak 115 kuesioner yang dikirim dan 115 kuesioner yang kembali. Data yang diperoleh kemudian diproses dan dianalisis sebanyak 115 kuesioner. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara empiris motivasi belajar dan perilaku belajar berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi, sedangkan kecerdasan emosional tidak berpengaruh secara empiris terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kata kunci : Motivasi belajar, perilaku belajar, kecerdasan emosional, pemahaman akuntansi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, perilaku belajar, kecerdasan emosional, pemahaman akuntansi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Dec 2021 14:05
Last Modified: 23 Dec 2021 14:05
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27453

Actions (login required)

View Item View Item