Rumpoko, Yomega Suryo (2021) PENGARUH TERPAAN BERITA KASUS REVIEW KACAMATA EIGER DI TWITTER TERHADAP BRAND IMAGE EIGER. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
Cover.pdf Download (127kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (74kB) | Preview |
Preview |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (191kB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (114kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (61kB) | Preview |
Text
Full-Skripsi-Yomega-Suryo-Rumpoko-153170089.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
xiv
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pemberitaan yang ada di Twitter
mengenai kasus antara Eiger dengan seorang youtuber bernama Dunia Dian. Dunia
Dian merupakan seorang pelanggan setia Eiger yang menerima surat keberatan
berkaitan dengan video review kacamata Kerato Eiger yang dibuatnya di Youtube.
Keluhannya di Twitter kemudian menimbulkan respon negatif dari masyarakat
terhadap Eiger yang tentu dapat berdampak pada brand image Eiger. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terpaan berita
kasus review kacamata Eiger di Twitter terhadap brand image Eiger. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Dependensi Efek Komunikasi Massa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif. Diambil sampel
sebanyak 96 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling yang
merupakan konsumen Eiger, pernah mengkonsumsi berita kasus review kacamata
Eiger di Twitter, dan berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terpaan berita kasus review kacamata Eiger
di Twitter terhadap brand image Eiger dengan nilai signifikansi sebesar 0,043 (<
0,05) dan hubungannya bersifat searah dengan nilai koefisien korelasi sebesar
0,202. Akan tetapi, besar pengaruh terpaan berita kasus review kacamata Eiger di
Twitter terhadap brand image Eiger hanya sebesar 4,3% dan sisanya sebesar 95,7%
merupakan faktor-faktor lainnya, seperti pengalaman yang dimiliki konsumen
terhadap produk Eiger.
Kata kunci: Terpaan Berita, Brand Image, Eiger, Twitterxv
ABSTRACT
This research is motivated by the news on Twitter about the case between Eiger and
a youtuber named Dunia Dian. Dunia Dian is a loyal Eiger customer who received
an objection letter regarding the video review of Kerato Eiger glasses that he made
on Youtube. His complaint on Twitter then caused a negative responde from the
public towards the Eiger which of course could’ve an impact on the Eiger brand
image. The purpose of this research was to find out how much influence the news
of the Eiger cycling glasses review case on Twitter had on the Eiger brand image.
The theory used in this research is Mass Communication Effect Dependency
Theory. This research uses explanative quantitative method. A sample of 96
respondents was taken using a purposive sampling technique, who are Eiger
consumers, have consumed news of the Eiger cycling glasses review case on
Twitter, and are domiciled in the Special Region of Yogyakarta. The results showed
that there was an effect of exposure to news of the Eiger cycling glasses review case
on Twitter on the Eiger brand image with a significance value of 0.043 (<0.05) and
the relationship was unidirectional with a correlation coefficient value of 0.202.
However, the influence of news on the Eiger cycling glasses review case on Twitter
on the Eiger brand image was only 4.3% and the remaining 95.7% is due to other
factors, such as the experience that consumers have with Eiger products.
Keywords: News Exposure, Brand Image, Eiger, Twitter
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terpaan Berita, Brand Image, Eiger, Twitterxv |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 07:13 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 04:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/27341 |
Actions (login required)
View Item |