PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN CITRA PARIWISATA (Studi Deskriptif Kulitatif Tentang Penggunaan Akun Instagram Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dalam Membangun Citra Pariwisata)

Pradewa, Cendikia Hanif (2021) PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN CITRA PARIWISATA (Studi Deskriptif Kulitatif Tentang Penggunaan Akun Instagram Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Dalam Membangun Citra Pariwisata). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[thumbnail of 2.Cover.pdf]
Preview
Text
2.Cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5.Abstrak.pdf]
Preview
Text
5.Abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 3.Pengesahan.pdf]
Preview
Text
3.Pengesahan.pdf

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 4.Daftar isi.pdf]
Preview
Text
4.Daftar isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 6.Daftar pustaka.pdf]
Preview
Text
6.Daftar pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Media sosial merupakan platform yang bersifat sangat terbuka yaitu
memungkinkan siapapun untuk memproduksi dan mengkonsumsinya. Hal ini
membuat media sosial mendominasi konten internet sebagai yang paling sering di
akses masyarakat Indonesia. Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang melihat bahwa
media sosial khususnya Instagram dapat menjadi sarana publikasi yang efektif dan
dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai konten postingan akun Instagram Dinas
Pariwisata Kabupaten Semarang dalam membangkitkan kembali destinasi wisata
dengan mempopulerkan kembali wisata yang ada di Kabupaten Semarang yang
menonjolkan citra pariwisata di situasi pandemi. Tahapan dalam penelitian ini
menggunakan kerangka teori The Five Canon Of Rhetoric dari Aristoteles
kemudian dihubungkan dengan konsep retorika visual relevan untuk
menggambarkan sejumlah postingan foto dan video pada akun Instagram konten
yang ada di dalam akun Instagram sedangkan metode yang digunakan deskriptif
kualitatif untuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi mengenai fenomena
atau peristiwa secara sistematis. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan
akun Instagram dalam membangun citra pariwisata dan mengetahui aspek- aspek
kreativitas dalam mengelola Instagram Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi destinasi pariwisata yang ada di
Kabupaten Semarang mengenai konten tren terkini, kemudian publikasi event
pariwisata, perihal kebijakan berwisata dalam situasi pandemi, dan tentang
pentingnya sertifikat CHSE yaitu kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kelestarian
lingkungan efektif dalam menyampaikan informasi bagi calon masyarkarat.
Kesuksesan Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang dalam mengembangkan citra
pariwisata daerah tidak lepas dari kreativitas beberapa pihak pengelola pariwisata
dan didukung oleh penggunaan akun Instagram.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Pariwisata, Konten.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:50
Last Modified: 22 Aug 2022 04:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26903

Actions (login required)

View Item View Item