USULAN STRATEGI PENINGKATAN KINERJA HOTEL SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM (Studi Kasus The Cube Hotel Prawirotaman Yogyakarta)

Haidar, Farras (2021) USULAN STRATEGI PENINGKATAN KINERJA HOTEL SAAT PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM (Studi Kasus The Cube Hotel Prawirotaman Yogyakarta). Other thesis, UPN “VETERAN” YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of 122160072_COVER, PENGESAHAN & PLAGIARISME.pdf]
Preview
Text
122160072_COVER, PENGESAHAN & PLAGIARISME.pdf

Download (481kB) | Preview
[thumbnail of FULL-SKRIPSI-122160072-FARRAS-HAIDAR.pdf] Text
FULL-SKRIPSI-122160072-FARRAS-HAIDAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

The Cube Hotel memiliki 5 stakeholder yaitu corporate owner, karyawan, pelanggan, supplier, dan pemerintah. The Cube Hotel Yogyakarta mengalami dampak yang nyata saat pandemi covid-19 yaitu menurunnya kinerja stakeholder hotel sehingga target tidak tercapai. Hotel perlu melakukan pengukuran kinerjanya dengan seluruh stakeholder yang terlibat agar diketahui apa saja kinerja yang penting saat pandemi covid-19. Kinerja stakeholder hotel yaitu 45,2% dari target 92,2%, hal ini akibat dari tingkat okupansi hotel yang menurun dan adanya karyawan yang terkena covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan usulan strategi kinerja hotel dengan menggunakan metode performance prism. Metode performance prism memiliki keunggulan karena pengukuran kinerja meliputi seluruh stakeholder. Stakeholder disini meliputi manager, pelanggan, karyawan, supplier, dan pemerintah. Metode performance prism memiliki 5 sisi yaitu kepuasan stakeholder, kontribusi stakeholder, strategi, proses dan kapabilitas. Pada penelitian ini akan dilakukan pengukuran kinerja hotel saat pandemi covid-19, kemudian dilakukan analisis sehingga akan diusulkan strategi kinerja hotel agar dapat survive di masa pandemi covid-19.
Berdasarkan perhitungan OMAX diketahui KPI yang tergolong rendah yaitu KPI M-1, KPI M-2, KPI M-3, KPI M-4, KPI M-6, KPI M-8, KPI M-9, KPI E-1, KPI E-4, KPI E-5, KPI C-1, KPI C-2, KPI C-3, KPI C-5, KPI S-1, KPI R-1, KPI R-4. Usulan strategi yang dapat direkomendasikan yaitu membuat SOP serta tim task force covid-19 dan penyuluhan tentang Adaptas Kebiasaan Baru (AKB) terkait pandemi covid-19 di hotel, Program perlindungan sosial bagi karyawan pelaku usaha pariwisata ekonomi kreatif, Penyemprotan disinfektan pada seluruh fasilitas hotel, Pengadaan sertifikasi CHSE untuk hotel, Program wajib vaksinasi covid-19 kepada seluruh pelaku usaha pariwisata ekonomi kreatif.
Kata kunci: Pengukuran kinerja, KPI, performance prism, OMAX.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengukuran kinerja, KPI, performance prism, OMAX.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 Oct 2021 06:41
Last Modified: 21 Dec 2022 07:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26863

Actions (login required)

View Item View Item