LAYAR BIOSKOP ALTERNATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN EKSISTENSI PERFILMAN INDEPENDEN (Studi Kasus Perfilman Independen pada Klub DIY Menonton)

Rachmasari, Syavilla Dyane (2020) LAYAR BIOSKOP ALTERNATIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN EKSISTENSI PERFILMAN INDEPENDEN (Studi Kasus Perfilman Independen pada Klub DIY Menonton). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
FULL_SKRIPSI_SYAVILLA_153160106.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN COVER SKRIPSI_SYAVILLA (1).pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI_SYAVILLA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SYAVILLA (2).pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SYAVILLA.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Ekshibisi perfilman independen atau layar bioskop alternatif sangat menolong eksositem perfilman independen di kota Yogyakarta. Klub DIY Menonton sebagai sebuah ekshibitor film indie, berupaya meningkatkan eksistensi perfilman independen melalui pengadaan agenda pemutaran film dan diskusi. Perannya sebagai ruang ekshibisi melalui penyediaan layar bioskop alternatif berhasil menggaet beberapa pihak swasta dan pihak instansi pemerintah. Penelitian ini menggunakan konsep komunitas, cultural studies, dan teori peran, sedangkan jenis penelitiannya berupa deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Menggunakan teknik pengumpulan data melalui indepth interview, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan peran apa saja yang dilakukan oleh sebuah komunitas Klub DIY Menonton dalam upayanya meningkatkan eksistensi perfilman independen. Menggunakan tiga indikator yang pertama adanya expectation dari filmmaker ataupun dari audiens sebagai apresiator, kemudian performance yakni wujud perilaku dalam peran menjelaskan andil apa saja yang dilakukan KDM selama menjalankan perannya dan terakhir adanya evaluation yang berupa evaluasi dari beberapa faktor penghambat selama menjalankan peran Klub DIY Menonton sebagai layar bioskop alternatif. Kata Kunci : Layar Bioskop Alternatif, Film Independen, Komunitas film Klub DIY Menonton, Cultural Studies

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Layar Bioskop Alternatif, Film Independen, Komunitas film Klub DIY Menonton, Cultural Studies
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:49
Last Modified: 28 Sep 2021 07:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26812

Actions (login required)

View Item View Item