ANALISIS RESEPSI NASIONALISME GENERASI MILENIAL (1980- 2000) TERHADAP TEKS PIDATO “JAS MERAH” (JANGAN SEKALIKALI MENINGGALKAN SEJARAH) SOEKARNO

Harahap, Siti Hasnah (2020) ANALISIS RESEPSI NASIONALISME GENERASI MILENIAL (1980- 2000) TERHADAP TEKS PIDATO “JAS MERAH” (JANGAN SEKALIKALI MENINGGALKAN SEJARAH) SOEKARNO. Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul atau Cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text
File Tugas Akhir Lengkap (Cover-Lampiran).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan-2.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak-5.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka-5.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan-2.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan-4.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Salah satu sumber untuk memperoleh pemahaman tentang nasionalisme berasal dari arsip pidato para pahlawan. Salah satunya adalah pidato Jas Merah (Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah!) Soekarno. Dalam pidato ini, Soekarno menyampaikan beberapa pesan terkait sikap nasionalisme kepada seluruh rakyat Indonesia. Dalam menanggapi pidato tersebut pemaknaan setiap orang berbedabeda, ada yang menganggap isu nasionalisme itu menarik dan ada yang menganggap tidak. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada analisis resepsi. Analisis resepsi merupakan sebuah pendekatan alternatif untuk mempelajari tentang khalayak, bagaimana memaknai pesan yang diterima dari sebuah media berdasarkan latar belakangnya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi milenial terhadap empat makna nasionalisme dari teks pidato Jas Merah Soekarno. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teori analisis resepsi Stuart Hall. Hasil penelitian memperoleh bahwa enam informan dalam penelitian berada di posisi negosiasi dan dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang wawasan kebangsaan informan yang berbeda mempengaruhi tingkat pemaknaan informan dalam meresepsi sebuah teks pidato. Kata kunci: Analisis Resepsi, Nasionalisme, Teks Pidato Jas Merah Soekarno.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Nasionalisme, Teks Pidato Jas Merah Soekarno.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Sep 2021 07:09
Last Modified: 28 Sep 2021 07:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26808

Actions (login required)

View Item View Item