IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PADA GARDA DEPAN PT.ADD (Studi Deskriptif di Pt.Aseli Dagadu Djokdja, Yogyakarta Indonesia)

Putro, Yohanes Rendy Saksono (2012) IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI PADA GARDA DEPAN PT.ADD (Studi Deskriptif di Pt.Aseli Dagadu Djokdja, Yogyakarta Indonesia). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN LAIN2.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI ABSTRACT This research entitled ‘Iklim Komunikasi Organisasi pada Garda Depan PT. ADD (Aseli Dagadu Djokja) Yogyakarta’. The purpose is to study the atmosphere of the communication in PT. ADD in which a particular situation can be created within the activity of communication itself. Starting from the writer’s interest in studying deeper the atmosphere of the communication especially in PT. ADD, finally, the writer decide to use this theme as the major topic. Hopefully, by creating the positive atmosphere in the communication through this organization can build a better communication, interaction and HARMONIS relationship among the employees. Penelitian ini berjudul Iklim Komunikasi Organisasi pada Garda Depan PT.ADD(Aseli Dagadu Djokdja) Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui iklim komunikasi organisasi di PT.ADD dimana sebuah keadaan atau suasana yang tercipta di dalam aktifitas komunikasi organisasi. Alasan pemilihan tema dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis akan sebuah iklim komunikasi organisasi PT.ADD sehingga dengan sebuah iklim komunikasi organisasi yang positif bisa memberikan komunikasi, interaksi, dan hubungan antar pekerja lebih harmonis. The research method used is qualitative research where the data collected will be in form of descriptive. Instead of using numbers, this research uses observation, interview and triangulation. The writer directly jumps to the observation field and doing the observation. The interview was done by interviewing some managers and numbers of the part-time employees at GERAI. This research uses the source of triangulation which the writer crosscheck the data with SAUDARA Dimas Prakosa and Mr. Hadi as the reliable sources. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Jenis penelitian ini tidak menggunakan angka dalam mengumpulkan data, tetapi menggunakan metode observasi, wawancara, dan triangulasi. Observasi dilaksanakan dengan cara peneliti terjun langsung ke lapangan dan melakukan pengamatan, wawancara dilakukan ke beberapa manajer yang berada di kantor dan sejumlah karyawan paruh waktu di gerai.Triangulasi data dilakukan dengan metode tringulasi sumber. Peneliti melakukan crosscheck dengan Saudara Dimas Prakoso dan Bapak Hadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT.ADD Yogayakarta, telah tercipta iklim komunikasi organisasi yang positif. Berdasarkan hasil wawancara, bahwa telah terciptanya kepercayaan, kejujuran, keterbukaan, partisipasi dalam pengambilan keputusan dan memberikan komitmen untk berkinerja tinggi baik dari pimpinan maupun dari karyawan kepada perusahaan. Pimpinan dan karyawan saling percaya mengenai ucapan dan kemampuan. Dalam berkomunikasi pimpinan dan karyawan senantiasa bersikap terbuka dan jujur sehingga akan memperkuat kerjasama antar anggota organisasi. Pada proses pengambilan keputusan bersama perusahaan, pimpinan dan karyawan berpartisipasi secara aktif. Sebuah iklim komunikasi organisasi yang positif di PT.ADD, maka akan memberikan dampak hubungan yang harmonis sesama karyawan, suasana kerja yang kondusif, dan produktivitas kerja. Pimpinan sangat bertanggung jawab untuk menciptakan iklim komunikasi yang positif di lingkungan kerja. Karena jika iklim organisasi terjadi sebaliknya maka akan membuat suasana dalam berkerja tidak nyaman, maka sebuah iklim komunikasi organisasi sangat baik dijaga agar selalu positif .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 30 May 2016 04:18
Last Modified: 30 May 2016 04:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item View Item