PERSEPSI SUPORTER PSS SLEMAN TERHADAP KAMPANYE “NO TICKET NO GAME”

Leksono, Normandi (2021) PERSEPSI SUPORTER PSS SLEMAN TERHADAP KAMPANYE “NO TICKET NO GAME”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN_2.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN_2.pdf

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI-FINAL-SUDAH-ACC.pdf] Text
SKRIPSI-FINAL-SUDAH-ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Basis supporter PSS Sleman, yaitu Brigatta Curva Sud (BCS) menjadi
pelopor supporter Indonesia yang mulai melangkah untuk membantu klub yang
mereka dukung. Aksi nyata tersebut berupa kampanye “No Ticket No Game”, yang
memiliki makna bahwa setiap penonton yang ingin menikmati pertandingan di
stadion harus membayar tiket. Kampanye ini muncul atas kesadaran supporter
melihat pendapatan terbesar klub adalah dari tiket penonton. BCS ingin mengelola
fanatisme dengan benar, yang berdampak positif bagi klub kebanggaannya
Penelitian ini disusun dengan menggunakan jenis studi deskriptif, yaitu metode
yang bertujuan untuk menggambarkan suatu karakteristik dari suatu gejala atau
masalah yang diteliti secara fokus pada pertanyaan dasar “bagaimana” dengan
berusaha mendapatkan dan menyampaikan fakta-fakta secara teliti, jelas, terperinci,
dan efektif. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan in-depth-interview
dengan suporter PSS Sleman,Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi
sumber, dengan cara mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber.
Dengan analisis dan memahai persepsi suporter PSS Sleman dapat disimpulkan
bahwa persepsi positif dari para suporter PSS Sleman dapat menjadi acuan untuk
kiblat para suporter dan klub lain di Indonesia menirunya. Menurut peneliti Inovasi
dari kampanye no ticket no game memang bukan perkara hal yang mudah namun
itu menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kemajuan dari setiap program atau
rencana. Dengan adanya inovasi dalam dalam kampanye yang beragam di tiap
tahunnya bukan tidak mungkin seluruh elemen suporter di Indonesia akan meniru
dan mengkampanyekan no ticket no game.
Kata Kunci : Persepsi, Suporter, PSS Sleman, Kampanye, No Ticket No Game

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Suporter, PSS Sleman, Kampanye, No Ticket No Game
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:08
Last Modified: 20 Dec 2022 07:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26666

Actions (login required)

View Item View Item