PENGARUH REPUTASI, PERCEIVED SAFETY, PERCEIVED RISK, DAN SIKAP TERHADAP INTENTION TO USE E-PAYMENT (Survei pada pengguna e-payment di Yogyakarta)

PANGESTUTI, ELFRIEDA WIDYA (2020) PENGARUH REPUTASI, PERCEIVED SAFETY, PERCEIVED RISK, DAN SIKAP TERHADAP INTENTION TO USE E-PAYMENT (Survei pada pengguna e-payment di Yogyakarta). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI FULL ELFRIEDA WIDYA P. 141160183.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi-4.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
judul.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ekonomi global saat ini semakin menuju ke arah modern masyarakat digital. Akibat dari pesatnya perkembangan teknologi tersebut maka muncullah sistem pembayaran elektronik (e-payment)sebagai metode yang populer untuk memfasilitasi transaksi pembayaran. Penelitian tentang minat masyarakat atau konsumen dalam menggunakan e-payment menjadi fokus akademisi dan praktisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor – faktor seperti reputasi, perceived safety, perceived risk, dan sikap yang berpengaruh terhadap niat untuk menggunakan e-payment di Yogyakarta. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modeling). Teknik analisis berbasis pada PLS (Partial Least Square). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada masyarakat Yogyakarta yang sudah menggunakan e-payment, dan ukuran sampel 235 konsumen e-payment. Hasil penelitian menghasilkan bukti empiris bahwa 2 variabel independen yitu reputasi dan perceived safety baik langsung maupun melalui mediasi sikapatas intention to use e-payment memiliki efek positif dan signifikan. Sedangkan satu variabel independen lainnya, yaitu perceived risk memiliki efek negatif dan tidak signifikan. Variabel perceived safety merupakan faktor yang paling dominan dalam penelitian ini. Hasil uji penelitan dari sikap atas e-payment juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intention to use e-payment. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini adalah untuk memberikan saran atau masukkan bagi perusahaan penyedia layanan e-payment yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dan fasilitas agar semakin banyak masyarakat yang beralih dari pembayaran konvensional ke pembayaran elektronik. Kata kunci: reputasi, safety, risk, sikap, intention, e-payment

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: reputasi, safety, risk, sikap, intention, e-payment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Aug 2021 07:34
Last Modified: 16 Aug 2021 07:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26527

Actions (login required)

View Item View Item