PENGARUH REPUTASI, PERCEIVED SAFETY, PERCEIVED RISK, DAN SIKAP TERHADAP INTENTION TO USE E-PAYMENT (Survei pada pengguna e-payment di Yogyakarta)

PANGESTUTI, ELFRIEDA WIDYA (2020) PENGARUH REPUTASI, PERCEIVED SAFETY, PERCEIVED RISK, DAN SIKAP TERHADAP INTENTION TO USE E-PAYMENT (Survei pada pengguna e-payment di Yogyakarta). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of SKRIPSI FULL ELFRIEDA WIDYA P. 141160183.pdf] Text
SKRIPSI FULL ELFRIEDA WIDYA P. 141160183.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of abstraksi.pdf]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi-4.pdf]
Preview
Text
daftar isi-4.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of judul.pdf]
Preview
Text
judul.pdf

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of lembar pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ekonomi global saat ini semakin menuju ke arah
modern masyarakat digital. Akibat dari pesatnya perkembangan teknologi
tersebut maka muncullah sistem pembayaran elektronik (e-payment)sebagai
metode yang populer untuk memfasilitasi transaksi pembayaran. Penelitian
tentang minat masyarakat atau konsumen dalam menggunakan e-payment
menjadi fokus akademisi dan praktisi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisis faktor – faktor seperti reputasi, perceived
safety, perceived risk, dan sikap yang berpengaruh terhadap niat untuk
menggunakan e-payment di Yogyakarta. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan menggunakan SEM (Structural Equation Modeling). Teknik analisis
berbasis pada PLS (Partial Least Square). Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan mendistribusikan kuesioner kepada masyarakat
Yogyakarta yang sudah menggunakan e-payment, dan ukuran sampel 235
konsumen e-payment.
Hasil penelitian menghasilkan bukti empiris bahwa 2 variabel
independen yitu reputasi dan perceived safety baik langsung maupun
melalui mediasi sikapatas intention to use e-payment memiliki efek positif
dan signifikan. Sedangkan satu variabel independen lainnya, yaitu perceived
risk memiliki efek negatif dan tidak signifikan. Variabel perceived safety
merupakan faktor yang paling dominan dalam penelitian ini. Hasil uji
penelitan dari sikap atas e-payment juga terbukti memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap intention to use e-payment. Implikasi praktis dari
hasil penelitian ini adalah untuk memberikan saran atau masukkan bagi
perusahaan penyedia layanan e-payment yang bertujuan untuk
meningkatkan pelayanan dan fasilitas agar semakin banyak masyarakat
yang beralih dari pembayaran konvensional ke pembayaran elektronik.
Kata kunci: reputasi, safety, risk, sikap, intention, e-payment

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: reputasi, safety, risk, sikap, intention, e-payment
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Aug 2021 07:34
Last Modified: 16 Aug 2021 07:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26527

Actions (login required)

View Item View Item