ANALISIS BRANDING DAN BRAND ACTIVATIONS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Deskriptif di ADITV)

Sari, Eka anisa Sari (2020) ANALISIS BRANDING DAN BRAND ACTIVATIONS DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING (Studi Deskriptif di ADITV). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. TESIS FULL.pdf] Text
1. TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 2. JUDUL.pdf]
Preview
Text
2. JUDUL.pdf

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 3. RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
3. RINGKASAN.pdf

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of 6. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
6. Lembar Pengesahan.pdf

Download (917kB) | Preview

Abstract

Membicarakan globalisasi media masa dan informasi, sebetulnya kita
berhadapan dengan masalah menipisnya batas- batas sistem komunikasi dan
hukum- hukum komunikasi internasional. Globalisasi media masa berawal dari
kemajuan teknologi komunikasi dan informasi semenjak dasawarsa 1970-an.TV
lokal tetap sulit berkembang selama regulasai yang ada saat ini seperti UndangUndang Penyiaran tidak di perbaiki. Akan tetapi, celah televisi lokal untuk tetap
bertahan masih ada. Orang tetap membutuhkan konten- konten lokal. Persoalanya,
bagaimana nanti mengemasnya dan bagaimana strategi beradaptasi dengan
teknologi. Pentingnya menerapkan strategi branding dan cara
mengkomunikasikan brand activations sebagai upaya untuk meningkatkan daya
saing dapat diwujudkan dengan strategi yang kuat, unik dan memiliki kelebihan
yang ditonjolkan, agar khalayak dapat membedakan ADiTV dengan TV lokal
lainya di Jogja. Untuk mengetahui bagaimana proses branding & brand activation
ADiTV dalam meningkatkan daya saing. Menemukan faktor- faktor yang menjadi
pertimbangan dalam proses branding & brand activation.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data- data yang
dikumpulkan berupa gambar, dokumen terkait, penyampaian melalui wawancara,
dengan metode kualitatif yang berisi kutipan data pendukung tentang penelitian
dilapangan dengan sumber ADiTV. Landasan teori yang digunakan adalah teori
branding dan brand activations.Berdasarkan analisa data yang dilakukan,
diperoleh kesimpulan bahwa kebijakan ADiTV melakukan branding dan brand
activations. Implementasi brand activations melalui tools yang tepat, dengan
memaksimalkan aspek media social sebagai kekuatan pendekatan yang masif
misalnya ADiTV membangun intensitas publikasi maksimal melalui media online
meliputi instagram, facebook, youtube. Model temuan dalam tesis ini menekankan
pada pelatihan dan etika bisnis sangat berpengaruh terhadap pekerja sebagai
identitas dalam perusahaan yang berdampak pada brand identity & brand
personality, kemudian social media dan bisnis media berpengaruh pada
komunikasi, produk dan service yang akan menentukan positioning sebuah brand.
Proses dan faktor- faktor yang berpengaruh terhadap aktivasi merek faktor yang
berpengaruh ialah Brand eseence, costumer insights, competitive advantage,
strategic planning, action oriented ideas, brand assets, communication programs,
stakeholder engagement.
Kata Kunci : Branding, Brand Activations, Brand Positioning, Brand Identity

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Branding, Brand Activations, Brand Positioning, Brand Identity.
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Aug 2021 07:26
Last Modified: 16 Aug 2021 07:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26526

Actions (login required)

View Item View Item