PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018)

ARFIANI, ARFIANI (2020) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
lembar pengesahan arfiani.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
File Skripsi Arfiani 152160146 (Full).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Isi Arfiani.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Arfiani-1.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Arfiani.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Arfiani.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

v ABSTRAKSI Arfiani, Nomor Induk Mahasiswa 152160146, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional ”Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian ”Pengaruh Intellectual Capital dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Property dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014–2018)”. Dosen pembimbing Suratna dan Hastho Joko Nur Utomo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Intellectual Capital dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai variabel intervening studi pada perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014–2018. Populasi dari penelitian ini berjumlah 56 perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan yaitu 17 perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Sampel diperoleh merupakan perusahaan yang memenuhi kriteria karena penentuan sampel yang digunakan yaitu sampling purposive. Dengan periode penelitian dari tahun 2014-2018 Sehingga diperoleh data penelitian yaitu sebanyak 85 data. Data penelitian merupakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan perusahaan sektor property dan real estate serta data historis harga saham yang diambil dari annual report perusahaan yang menjadi sampel dan web dunia investasi (www.duniainvestasi.com). Metode analisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS). Software yang digunakan untuk mengolah data penelitian ini adalah SmartPLS 3.2.8. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara Intellectual Capital (VAICTM) terhadap Profitabilitas (ROA). Ada pengaruh positif dan tidak signifikan antara Struktur Modal (DER) terhadap Profitabilitas (ROA). Ada pengaruh negatif dan signifikan antara Intellectual Capital (VAICTM) terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Ada pengaruh positif dan tidak signifikan antara Struktur Modal (DER) terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Ada pengaruh positif dan signifikan antara Profitabilitas (ROA) terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Pengujian pengaruh tak langsung menunjukkan Profitabilitas (ROA) mampu memediasi pengaruh antara Intellectual Capital (VAICTM) terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Profitabilitas (ROA) tidak mampu memediasi pengaruh antara Struktur Modal (DER) terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Kata Kunci : Intellectual Capital, Struktur Modal, Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Value Added Intellectual Coefficient, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Price Book Value.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, Struktur Modal, Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Value Added Intellectual Coefficient, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Price Book Value.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Aug 2021 08:43
Last Modified: 06 Aug 2021 08:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26478

Actions (login required)

View Item View Item