PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BERDASARKAN EVALUASI LINGKUNGAN KERJA FISIK MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC CHECKPOINTS (Studi kasus di Dipo Bakery, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Solikah, Hesti (2020) PENINGKATAN PRODUKTIVITAS BERDASARKAN EVALUASI LINGKUNGAN KERJA FISIK MENGGUNAKAN METODE ERGONOMIC CHECKPOINTS (Studi kasus di Dipo Bakery, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL_Hesti Solikah_(122160024_Teknik Industri).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Dipobakery merupakan sebuah pabrik roti yang memproduksi produk jadi berupa roti. Salah satu produk yang paling diminati adalah roti manis. Kondisi lingkungan kerja fisik di perusahaan diantaranya suhu, kebisingan dan pencahayaan yang ada di perusahaan masih belum memenuhi standar yang ditetapkan. Kondisi tersebut mempengaruhi produktivitas kerja yang juga berpengaruh pada kualitas dan kuantitas produk. Berdasarkan data yang ada, perusahaan dapat menghasilkan produk cacat sebesar 300-500 loyang setiap bulannya. Kecacatan yang ada pada roti dapat menyebabkan penurunan kuantitas roti yang didistribusikan. Upaya perbaikan kondisi lingkungan kerja fisik dilakukan dengan menggunakan metode Ergonomic Checkpoints untuk menganalisis kondisi perusahaan berdasarkan kaidah yang telah ditetapkan dalam buku Ergonomic Checkpoints. Penelitian ini dibatasi oleh lingkup permasalahan di bidang lingkungan kerja fisik. Berdasarkan permasalahan yang ada kemudian diberikan saran perbaikan dan disimulasikan meggunakan simulasi software Powersim. Terdapat dua skenario, skenario 1 merupakan skenario sebelum melakukan perbaikan ergonomi dan skenario 2 merupakan kondisi setelah melakukan perbaikan ergonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usulan perbaikan yang diberikan dapat meningkatkan produktivitas kerja yaitu sebelumnya meghasilkan output roti sebesar 9445 loyang menjadi 10.111 loyang sehingga profit perusahaan dapat lebih maksimal. Kata kunci: Ergonomic Checkpoints, Lingkungan kerja fisik, Simulasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ergonomic Checkpoints, Lingkungan kerja fisik, Simulasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 30 Jul 2021 07:35
Last Modified: 30 Jul 2021 07:35
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26379

Actions (login required)

View Item View Item