PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BRAND IMAGE GARUDA INDONESIA (Studi Kasus Pasca Pemberitaan Penyelundupan Harley dan Brompton)

Kameswara, Delira (2020) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BRAND IMAGE GARUDA INDONESIA (Studi Kasus Pasca Pemberitaan Penyelundupan Harley dan Brompton). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN_Delira.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_Delira.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI_Delira-1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI_Delira.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK_Delira.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI_Delira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Garuda Indonesia telah mengharumkan nama Indonesia dengan berbagai prestasinya di dunia penerbangan. Brand image positif maskapai ini dibuktikan dengan pelayanan dan kualitasnya yang patut diapresiasi. Namun, Garuda Indonesia juga memiliki beberapa rentetan isu dan krisis di dalam perusahaannya yaitu kasus penyelundupan Harley dan Brompton. Hal ini menjadi pemberitaan media massa dan mencuat sebagai perbincangan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap brand image Garuda Indonesia pasca pemberitaan kasus penyelundupan Harley dan Brompton serta mencari tahu faktor-faktor apa yang mempengaruhi persepsi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Individual Differences dalam menganalisis perbedaan persepsi pada masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat tetap positif terhadap brand image Garuda Indonesia. Namun terdapat perbedaan persepsi saat membahas kasus penyelundupan Harley dan Brompton. Persepsi beberapa masyarakat tetap positif karena dianggap kasus tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja dan pelayanan Garuda Indonesia kepada konsumen. Sedangkan, beberapa masyarakat lainnya menganggap kasus tersebut menjatuhkan image Garuda Indonesia yang selama ini sudah dibangun dengan baik. Dampak dari kasus ini terhadap internal perusahaan juga terlihat dari jatuhnya harga saham Garuda Indonesia di Bursa Efek Indonesia. Faktor internal yang mempengaruhi persepsi berupa pengalaman dan pengetahuan terhadap maskapai Garuda Indonesia, usia, membership GarudaMiles, serta latar belakang profesi. Sedangkan faktor eksternal berupa harga, fasilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas pelayanan, pemberitaan, dan perubahan harga saham. Kata Kunci : Persepsi, Garuda Indonesia, Individual Differences Theory, Brand Image

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Garuda Indonesia, Individual Differences Theory, Brand Image
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:41
Last Modified: 29 Jul 2021 07:41
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26373

Actions (login required)

View Item View Item