Kameswara, Delira (2020) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BRAND IMAGE GARUDA INDONESIA (Studi Kasus Pasca Pemberitaan Penyelundupan Harley dan Brompton). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN_Delira.pdf Download (328kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI_Delira.pdf Download (78kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER SKRIPSI_Delira-1.pdf Download (311kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER SKRIPSI_Delira.pdf Download (311kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK_Delira.pdf Download (59kB) | Preview |
![]() |
Text
SKRIPSI_Delira.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Garuda Indonesia telah mengharumkan nama Indonesia dengan berbagai
prestasinya di dunia penerbangan. Brand image positif maskapai ini dibuktikan
dengan pelayanan dan kualitasnya yang patut diapresiasi. Namun, Garuda
Indonesia juga memiliki beberapa rentetan isu dan krisis di dalam perusahaannya
yaitu kasus penyelundupan Harley dan Brompton. Hal ini menjadi pemberitaan
media massa dan mencuat sebagai perbincangan publik. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap brand image Garuda Indonesia
pasca pemberitaan kasus penyelundupan Harley dan Brompton serta mencari tahu
faktor-faktor apa yang mempengaruhi persepsi tersebut. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teori
Individual Differences dalam menganalisis perbedaan persepsi pada masyarakat.
Hasil penelitian menunjukkan persepsi masyarakat tetap positif terhadap brand
image Garuda Indonesia. Namun terdapat perbedaan persepsi saat membahas kasus
penyelundupan Harley dan Brompton. Persepsi beberapa masyarakat tetap positif
karena dianggap kasus tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja dan pelayanan
Garuda Indonesia kepada konsumen. Sedangkan, beberapa masyarakat lainnya
menganggap kasus tersebut menjatuhkan image Garuda Indonesia yang selama ini
sudah dibangun dengan baik. Dampak dari kasus ini terhadap internal perusahaan
juga terlihat dari jatuhnya harga saham Garuda Indonesia di Bursa Efek Indonesia.
Faktor internal yang mempengaruhi persepsi berupa pengalaman dan pengetahuan
terhadap maskapai Garuda Indonesia, usia, membership GarudaMiles, serta latar
belakang profesi. Sedangkan faktor eksternal berupa harga, fasilitas, keamanan,
ketepatan waktu, kualitas pelayanan, pemberitaan, dan perubahan harga saham.
Kata Kunci : Persepsi, Garuda Indonesia, Individual Differences Theory, Brand
Image
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Garuda Indonesia, Individual Differences Theory, Brand Image |
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 29 Jul 2021 07:41 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 07:41 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26373 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |