HARAHAP, RAHMATSYAH HABIBIE (2021) ANALISIS SENTIMEN PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE MAXIMUM ENTROPY DENGAN SELEKSI FITURINFORMATION GAIN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
Cover.pdf Download (392kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (191kB) | Preview |
Preview |
Text
Halaman Pengesahan Pembimbing.pdf Download (137kB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (146kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) | Preview |
Text
Skripsi-Full.pdf Download (5MB) |
Abstract
Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah telah melarang perguruan
tinggi untuk melaksanakan perkuliahan tatap muka (konvensional) dan memerintahkan untuk
menyelenggarakan perkuliahan atau pembelajaran secara daring (Surat Edaran Kemendikbud
Dikti No. 1 tahun 2020). Twitter kerap dimanfaatkan untuk meninjau atau mengambil berbagai
pendapat atau opini para pengguna yang nantinya akan diolah menjadi sebuah data, yang
kemudian data tersebut akan diolah kembali untuk menemukan sebuah solusi dari suatu
permasalahan yang ada. Analisis sentimen dilakukan untuk mengetahui pendapat atau opini
yang dikemukakan dalam kalimat atau dokumen tersebuh, apakah akan bernilai positif, negatif
atau netral. Untuk menganalisis suatu sentimen diperlukan adanya metode yang bisa
mengelompokan suatu sentimen, Maximum Entropy merupakan metode yang digunakan pada
penelitian ini dengan metode evaluasi yang digunakan adalah Confusion Matrix yang nantinya
akan menghitung nilai Macro dan Micro averaging dari nilai evaluasi yang dihasilkan. Hasil
evaluasi yang dilakukan dalam penelitian ini menghasilkan nilai akurasi Macro yang cukup
tinggi yaitu sebesar 68% dengan nilai precision 72% dan recall sebesar 92% . Pengujian
dilakukan dengan menguji sebanyak 250 tweet.
Kata Kunci : twitter, analisis sentimen, kuliah online, maximum entropy, information
gain
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Sarimin Sarimin |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 02:48 |
Last Modified: | 12 May 2022 02:52 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/26025 |
Actions (login required)
View Item |