PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI FROZEN FOOD UNTUK MEMINIMASI WAKTU DAN BIAYA MENGGUNAKAN ALGORITMA TABU SEARCH (Studi Kasus CV Isabella)

Capricornelia, Riyalda (2021) PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI FROZEN FOOD UNTUK MEMINIMASI WAKTU DAN BIAYA MENGGUNAKAN ALGORITMA TABU SEARCH (Studi Kasus CV Isabella). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

CV Isabella Yogyakarta merupakan perusahaan yang mendistribusikan produk frozen food ke daerah Yogyakarta maupun luar Yogyakarta. Terdapat 18 agen yang bekerjasama dengan pihak CV Isabella Yogyakarta. Dalam proses distribusi, terdapat 2 unit mobil Box L300 dan 1 unit mobil Box Grand Max. Perusahaan memiliki tiga rute distribusi untuk mendistribusikan produknya. Dalam pendistribusian sering terdapat agen yang belum sempat dikunjungi akibat keterbatasan waktu pelayanan. Oleh karena itu diperlukan penentuan rute distribusi untuk meminimalkan jarak tempuh sehingga proses distribusi dapat selesai sebelum melewati batasan waktu pelayanan. Penelitian ini mengusulkan penentuan rute distribusi dengan menggunakan metode nearest neighbour dan algoritma tabu search. Kedua metode ini menghasilkan rute optimal yang memiliki jarak terpendek sehingga dapat meminimalkan waktu distribusi dan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit. Kemudian usulan rute optimal tersebut akan dibandingkan dengan rute aktual perusahaan dari segi jarak, waktu dan biaya yang dikeluarkan. Penentuan rute ini menghasilkan rute usulan dengan total jarak 399,2 Km, total waktu selama 804,60 menit dan total biaya sebesar Rp.658.519,35. Sedangkan rute aktual menghasilkan total jarak 479,8 Km, total waktu selama 901,32 menit dan total biaya sebesar Rp.754.682,26. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode nearest neighbour dan algoritma tabu search dapat menekan jarak tempuh 80,6 Km, total waktu selama 96,72 menit dari rute aktual serta menghemat biaya sebanyak Rp.96.162,91. Kata kunci: algoritma tabu search, algoritma nearest neighbour, vehicle routing problem, rute distribusi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 16 Jun 2021 03:31
Last Modified: 16 Jun 2021 03:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25876

Actions (login required)

View Item View Item