ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE FUZZY SERVQUAL, KUADRAN IPA DAN INDEX PGCV (Studi Kasus di Objek Pariwisata Puncak Sosok Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta)

Jalatama, Dhimas Satria (2021) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE FUZZY SERVQUAL, KUADRAN IPA DAN INDEX PGCV (Studi Kasus di Objek Pariwisata Puncak Sosok Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2.1 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2.1 ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 1.-SKRIPSI-FULL.pdf] Text
1.-SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Puncak Sosok adalah sebuah objek wisata yang terletak di wilayah Desa Bawuran, Pleret, Bantul. Berdasarkan pengamatan, terdapat beberapa aspek pelayanan yang kurang baik antara lain bangunan yang belum selesai, tingkat profesionalisme masih kurang memuaskan, sarana jalan menuju objek masih relatif sempit dalam tahap perbaikan, dan keterbatasan transportasi. Dari latar belakang tersebut bisa dibuat rumusan masalah yaitu aspek-aspek pelayanan apa yang membutuhkan perbaikan di objek pariwisata Puncak Sosok melalui analisis kualitas pelayanan dengan metode Fuzzy Servqual, Kuadran IPA dan Indeks PGCV. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui mengenai aspek-aspek yang harus dibenahi demi menunjang peningkatan kualitas layanan di Puncak Sosok sehingga mampu menjadi masukan ke pihak pengelola.
Langkah-langkah dalam penelitian ini dimulai dengan menyusun kuesioner untuk pengujian kualitas data tingkat layanan. Langkah selanjutnya menggunakan Fuzzy-servqual untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan performansi dan ekspetasi yang akan ditentukan melalui GAP analisis. Kemudian langkah Importance Performance Analysis untuk mencari pernyataan yang perlu diperbaiki. Langkah terakhir Potential Gain Customer Value untuk pengelompokan prioritas utama yang perlu ditingkatkan. Data dari penelitian ini adalah data kuisioner pengunjung Puncak Sosok.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat layanan perlu melakukan perbaikan yaitu Karyawan Puncak Sosok kurang maksimal memberikan pelayanan disaat pengunjung membutuhkannya, Kondisi bangunan terlihat kurang bagus dan menarik, fasilitas pelayanan belum memuaskan, sikap karyawan belum profesional, dan Puncak Sosok belum memenuhi janji-janji pelayanan yang diberikan.
Kata kunci: Ekspetasi, Fuzzy Servqual, Indeks PGCV, IPA, Performansi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ekspetasi, Fuzzy Servqual, Indeks PGCV, IPA, Performansi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 16 Jun 2021 02:54
Last Modified: 12 Jan 2023 03:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25867

Actions (login required)

View Item View Item