PEMILIHAN SUPPLIER KULIT MENGGUNAKAN VENDOR PERFORMANCE INDICATOR (VPI) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di PT. Sport Glove Indonesia, Sleman)

Fhadjrin, Reynaldi Dimas (2020) PEMILIHAN SUPPLIER KULIT MENGGUNAKAN VENDOR PERFORMANCE INDICATOR (VPI) DAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus di PT. Sport Glove Indonesia, Sleman). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustaka (2).pdf]
Preview
Text
Daftar pustaka (2).pdf

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of TA-Reynaldi-Dimas-Fhadjrin-122150039.pdf] Text
TA-Reynaldi-Dimas-Fhadjrin-122150039.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT Sport Glove Indonesia merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sarung tangan dan saat ini bekerja sama dengan lima supplier lokal untuk memasok kulit kambing dan domba. Kebutuhan kulit bulan Desember 2019 mengalami peningkatan sebesar 24,37% dari rata-rata bulan sebelumnya selama tahun 2019 yang menyebabkan kelima supplier tidak dapat mencukupi kebutuhan kulit di perusahaan. Permasalahan yang ada di perusahaan adalah terdapat dua jenis kulit yang masih belum terpenuhi yaitu Goat Batting Black Strong sebanyak 12.000 squarefit dan Sheep Skin P/White sebanyak 9.500 squarefit. Hal ini membuat perusahaan harus menambah satu supplier agar kebutuhan kulit terpenuhi. Perusahaan sudah memiliki enam calon supplier tetapi tidak memiliki metode khusus dalam memilih supplier. Standar proses pemilihan yang dilakukan hanya mempertimbangkan kualitas produk saja dalam memilih supplier kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah perusahaan dalam memilih supplier kulit dengan lebih banyak mempertimbangkan kriteria.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah VPI dan AHP yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu identifikasi VPI, pembobotan, penyusunan matriks perbandingan berpasangan, menghitung geometric mean dan menghitung consistency ratio. (CR). Pembobotan dianggap konsisten apabila nilai CR < 0,1. Supplier terbaik akan dipilih berdasarkan hasil perhitungan bobot prioritas global. Perhitungan dilakukan menggunakan software Expert Choice v11.0.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa supplier yang sebaiknya dipilih oleh perusahaan untuk mencukupi kebutuhan kulit di bulan Desember 2019 adalah PT Agra Sukses Abadi dengan bobot prioritas tertinggi sebesar 0,197.
Kata Kunci : Supplier, VPI, AHP

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Supplier, VPI, AHP
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 08 Jun 2021 05:31
Last Modified: 13 Jan 2023 06:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25634

Actions (login required)

View Item View Item