USULAN PERANCANGAN FASILITAS TROTOAR DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI MAKRO GUNA MENINGKATKAN FAKTOR KEAMANAN DAN KENYAMANAN PEJALAN KAKI

Usmadi, Alif (2021) USULAN PERANCANGAN FASILITAS TROTOAR DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI MAKRO GUNA MENINGKATKAN FAKTOR KEAMANAN DAN KENYAMANAN PEJALAN KAKI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 2. Abstrak - Alif Usmadi - 122160058.pdf]
Preview
Text
2. Abstrak - Alif Usmadi - 122160058.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 3. Cover - Alif Usmadi - 122160058.pdf]
Preview
Text
3. Cover - Alif Usmadi - 122160058.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 4. Halaman Pengesahan - Alif Usmadi - 122160058.pdf]
Preview
Text
4. Halaman Pengesahan - Alif Usmadi - 122160058.pdf

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi - Alif Usmadi - 122160058.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi - Alif Usmadi - 122160058.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Pustaka - Alif Usmadi - 122160058.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Pustaka - Alif Usmadi - 122160058.pdf

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 1.-Draft-TA---Alif-Usmadi---122160058.pdf] Text
1.-Draft-TA---Alif-Usmadi---122160058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Trotoar adalah salah satu fasilitas publik yang berfungsi sebagai jalur khusus
pejalan kaki. Tetapi pada keadaan sebenarnya, trotoar masih sering disalahgunakan.
Bentuk penyalahgunaan trotoar yang umum ditemui yaitu sebagai lahan parkir liar
ataupun lahan berjualan para pedagang kaki lima. Hal ini dapat membuat kondisi
trotoar rusak dan kotor. Selain itu juga dapat membuat pejalan kaki menjadi tidak
nyaman untuk berjalan di trotoar. Tetapi permasalahan ini sering dianggap sebagai
permasalahan yang biasa dan belum ada tindak lanjut untuk mengatasi
penyalahgunaan trotoar ini. Oleh karena itu, perlu diberikan usulan untuk mengatasi
penyalahgunaan trotoar ini.
Pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan adalah
pendekatan ergonomi makro dengan metode Macro Ergonomic Analysis and
Design (MEAD). Pendekatan ini digunakan karena dapat memberikan subjek
penelitian yang lebih luas yaitu dari pejalan kaki, masyarakat sekitar, dan juga
pemerintah. Pada penelitian ini dilakukan penilaian dengan menggunakan
kuesioner terhadap responden untuk mendapatkan penilaian tentang faktor
keamanan, faktor kenyamanan, dan faktor fasilitas pendukung pada trotoar.
Penilaian tersebut dilakukan guna mencari faktor kunci yang menjadi pokok
permasalahan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor kenyamanan disaat
menggunakan trotoar masih kurang baik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa aspek
antara lain kondisi trotoar yang rusak dan kotor, banyak kendaraan bermotor yang
ada di trotoar, banyak pedagang kaki lima di trotoar, dan lainnya. Hal ini perlu
dihindari agar pejalan kaki merasa nyaman saat menggunakan trotoar. Beberapa hal
yang bisa dilakukan untuk meningkatkan faktor kenyamanan adalah melakukan
pengadaan fasilitas tambahan seperti tempat sampah umum dan juga tiang
pembatas kendaraan (bollard), melakukan pemeliharaan trotoar agar kondisi trotoar
terjaga, dan menerapkan metode Corporate Social Responsibility (CSR) kepada
pedagang kaki lima.
Kata kunci: trotoar, MEAD, kenyamanan

ABSTRACT

The pavement is one of the public facilities that functions as a special
pedestrian path. But in reality, pavements are often misused. Common forms of
pavement misuse are illegal parking or land for selling by street vendors. This can
cause the pavement to become damaged and dirty. It can also make pedestrians
uncomfortable walking on the pavement. But this problem is often considered as a
common problem and there has been no follow up to solve this misuse of the
pavement. Therefore, it is necessary to give suggestions to address this misuse of
pavement.
The approach used to solve the problem is a macro ergonomic approach with
the Macro Ergonomic Analysis and Design (MEAD) method. This approach is used
because it can provide broader research subjects, namely from pedestrians, the
surrounding community, and also the government. In this study, an assessment was
carried out using a questionnaire to the respondents to obtain an assessment of the
safety factor, the comfort factor, and the supporting facilities on the pavement. The
assessment is carried out in order to find the key factors that become the main
problem.
The results of this study indicate that the comfort factor when using the
pavement is still not good. This is be affected by several aspects, including damaged
and dirty pavements, many vehicles on the pavements, many street vendors on the
pavements, and others. This needs to be avoided so that pedestrians feel
comfortable when using the pavement. Some things that can be done to increase the
comfort factor are procuring additional facilities such as public trash bins and
bollards, maintaining pavement so that pavement conditions are maintained, and
applying the Corporate Social Responsibility (CSR) method to street vendors.
Keywords: pavement, MEAD, comfort

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pavement, MEAD, comfort
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 07 Apr 2021 05:11
Last Modified: 29 Dec 2022 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/25086

Actions (login required)

View Item View Item