PERSEPSI SANTRI TERHADAP KOMUNIKASI POLITIK KYAI (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur)

Nisa’, Choirun (2020) PERSEPSI SANTRI TERHADAP KOMUNIKASI POLITIK KYAI (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur). Diploma thesis, UPN"Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Choirun Nisa' - Cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Choirun Nisa' - Abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Choirun Nisa' - Daftar Isi.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Choirun Nisa' - daftar pustaka.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Choirun Nisa' - Hal pengesahan.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
Choirun Nisa' - full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sampai saat ini pondok pesantren masih erat kaitannya dengan politik praktis. Pesan-pesan bermuatan politik juga masih sering diperdengarkan kepada para santri, terutama ketika musim pemilihan tiba. Begitu pula dengan deretan pondok pesantren yang berada di Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Kebanyakan pondok pesantren seperti memiliki haluan politiknya sendiri. Peran kyai sebagai penyampai pesan memiliki karisma tersendiri untuk menarik pengikutnya. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, peneliti menganalisa bagaimana persepsi santri terhadap pesan politik yang disampaikan oleh kyai. Teori Penggabungan Informasi digunakan untuk melihat bagaimana pesan politik berjalan sejalan dengan keyakinan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi politik yang dilakukan oleh kyai bernilai berbeda terhadap setiap santri. Banyak yang menunjukkan bahwa ada keyakinan santri yang sejalan dengan pesan yang disanpaikan kyai. Hal yang menjadi pembeda adalah bobot atau tingkat kepercayaan santri terhadap komunikasi poltik kyai. Penelitian juga menunjukkan bahwa meskipun santri meyakini pesan kyai, tetapi bisa jadi tidak sejalan dengan keyakinannya karena yang diyakini adalah sosok kyai itu sendiri. Kata kunci : Persepsi Santri, Komunikasi Politik Kyai, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Santri, Komunikasi Politik Kyai, Pondok Pesantren
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Mar 2021 05:54
Last Modified: 23 Mar 2021 05:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24971

Actions (login required)

View Item View Item