ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN, PAJAK BUMI DAN BANGUNAN, PAJAK PENERANGAN JALAN, DAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Empiris Di Kabupaten Cirebon Tahun 2014 - 2018)

Ashim, Muhammad Ilham Khoirul (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS DAN KONTRIBUSI BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN, PAJAK BUMI DAN BANGUNAN, PAJAK PENERANGAN JALAN, DAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Empiris Di Kabupaten Cirebon Tahun 2014 - 2018). Diploma thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI - MUHAMMAD ILHAM KA_142160165.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN - MUHAMMAD ILHAM KA_142160165.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL - MUHAMMAD ILHAM KA_142160165.pdf

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN ABSTRAK - MUHAMMAD ILHAM KA_142160165.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI - MUHAMMAD ILHAM KA_142160165.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Otonomi daerah merupakan suatu hak, wewenang, maupun kewajiban bagi suatu daerah untuk mengatur dan mengurus urusan sendiri terkait dengan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakatnya yang berdasarkan peraturan perundang-undangan. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah adalah pengelolaan keuangan yang baik yaitu kemampuan daerah untuk mampu membiayai pelaksanaan rumah tangganya dengan sumber dana yang didapat dari daerah itu sendiri seperti melalui pendapatan asli daerah (PAD). BAPPENDA Kabupaten Cirebon sebagai salah satu dinas di Kabupaten Cirebon berupaya untuk meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pemungutan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), pajak bumi dan bangunan (PBB P-2), pajak penerangan jalan, dan pajak reklame. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar tingkat efektivitas dan kontribusi bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak penerangan jalan, dan pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Cirebon Tahun 2014-2018.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Cirebon tahun 2014-2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata tingkat efektivitas bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak penerangan jalan, pajak reklame adalah diatas 100%, maka dari itu termasuk dalam kriteria sangat efektif, dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kinerja dari pemerintah daerah Kabupaten Cirebon tahun 2014-2018 dalam mengelola bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak penerangan jalan, pajak reklame sudah sangat baik, namun tetap ada beberapa kendala dalam pemungutan pajak-pajak daerah tersebut seperti adanya pembaruan sistem, adanya pemilwu secara serentak, kurangnya petugas pajak dalam melaukan ekstentifikasi dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. viii Rata-rata kontribusi bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) terhadap pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 6,74%, rata-rata kontribusi pajak bumi dan bangunan (PBB) terhadap pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 6,56%, rata-rata kontribusi pajak penerangan jalan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 10,09%, rata-rata kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah (PAD) sebesar 0,64%. Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa pada tahun 2014-2018 rata-rata penerimaan dari keempat pajak daerah sangat kurang berkontribusi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) di Kabupaten Cirebon. Kata kunci: Efektivitas, Kontribusi, BPHTB, PBB P-2, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Reklame

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kontribusi, BPHTB, PBB P-2, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Reklame
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Mar 2021 08:20
Last Modified: 16 Mar 2021 08:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24959

Actions (login required)

View Item View Item