ANALISIS KONFIGURASI CEKUNGAN DAN STRUKTUR SISTEM FOLD-THRUST BELT DENGAN FILTERING BANDPASS DAN DERIVATIVE DATA GRAVITASI PADA CEKUNGAN KENDENG BARAT, JAWA TENGAH.

LOLA, PIETRO CALVIN PAMPANG (2021) ANALISIS KONFIGURASI CEKUNGAN DAN STRUKTUR SISTEM FOLD-THRUST BELT DENGAN FILTERING BANDPASS DAN DERIVATIVE DATA GRAVITASI PADA CEKUNGAN KENDENG BARAT, JAWA TENGAH. Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Daerah Kendeng telah lama diduga sebagai salah satu daerah yang menyimpan potensi hidrokarbon cukup besar. Daerah Utara Kendeng yang merupakan zona antiklinorium ditemukan semburan minyak, gas, maupun minyak serta gas yang keluar bersamaan ke permukaan. Sedimen penyusun dari Cekungan Kendeng secara regional tersingkap sedikit permukaan dan sebagian besar tertutupi oleh endapan vulkanik berumur kuarter. Kavling penelitian berada pada Cekungan Kendeng Barat, Jawa Tengah dengan luas 75x60km. Metode gravitasi digunakan untuk mengetahui bagaimana geometri bawah permukaan Cekungan Kendeng Barat terutama pada daerah yang tertutupi oleh endapan kuarter. Data gravitasi yang digunakan sudah dalam bentuk nilai Anomali Bouguer Lengkap (ABL) dan pengolahan gravitasi dilakukan dengan filtering bandpass hingga mendapatkan peta Residual. Dari peta Resdidual selanjutnya dilakukan analisis derivative SVD, THD, dan TDR untuk mengetahui struktur Fold-Thrust Belt yang diduga berkembang pada Cekungan Kendeng Barat. Dari hasil penelitian didapatkan, konfigurasi Cekungan Kendeng Barat yang berpola Horst-Graben dari Utara ke Selatan dengan Horst-nya merupakan Zona Randublatung, Tinggian Sangiran, dan Zona Pegunungan Selatan Jawa dengan nilai anomali 5,8mGal s/d 11,5mGal. Graben dari Cekungan Kendeng Barat terbagi dua, pertama adalah Graben antara Zona Randublatung dengan Tinggian Sangiran, dan kedua adalah Graben antara Tinggian Sangiran dengan Zona Pegunungan Selatan dengan nilai anomali -11,1mGal s/d -2,3mGal. Graben inilah yang diinterpretasikan sebagai daerah prospek hidrokarbon pada Cekungan Kendeng Barat. Struktur yang berkembang pada daerah penelitian dari analisis derivative SVD, THD, dan TDR didapatkan bahwa sesar-sesar anjak sebagai penyusun sistem Fold-Thrust Belt memiliki kesamaan dip yang mengarah ke Selatan antara permukaan dengan bawah permukaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fold-Thrust Belt, Gravitasi, Kendeng, TDR, Sesar Anjak, SVD.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Geography
Depositing User: Nurul Alifah Rahmawati
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:57
Last Modified: 04 Mar 2021 04:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24865

Actions (login required)

View Item View Item