ANALISIS KESTABILAN LUBANG BUKAAN PADA TEROWONGAN BEKAS JALUR ANGKUT PENAMBANGAN MANGAN DI WATU JONGGOLDESA KARANGSARI, KECAMATANPENGASIH,KABUPATEN KULON PROGO, DAERAHISTIMEWA YOGYAKARTA

NILASARI, RASYIDA HAFSHAH (2020) ANALISIS KESTABILAN LUBANG BUKAAN PADA TEROWONGAN BEKAS JALUR ANGKUT PENAMBANGAN MANGAN DI WATU JONGGOLDESA KARANGSARI, KECAMATANPENGASIH,KABUPATEN KULON PROGO, DAERAHISTIMEWA YOGYAKARTA. Diploma thesis, UPN "Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER (pdf.io).pdf

Download (40kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI RASYIDA HAFSHAH 112140062 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRACT (pdf.io).pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI (pdf.io).pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan (pdf.io).pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Terowongan Geowisata Watu Jonggol sebagai lokasi penelitian merupakan jalan angkut dari terowongan bekas tambang mangan peninggalan zaman penjajahan Belanda yang telah ditinggalkan selama puluhan tahun. Terowongan yang terletak di Dusun Ngruno, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut akan dijadikan sebagai lokasi geowisata oleh pemerintah setempat. Dalam pelaksanaannya sebagai lokasi geowisatauntuk memanfaatkan terowongan bekas penambangan mangan, maka perlu diperhatikan keamanan dari terowongan alami untuk mempertahankan bentuk asli dari terowongan tersebut. Untuk mendukung program dari pemerintah daerah lokasi terowongan, maka diperlukan analisis kestabilan terowongan untuk mengetahui kekuatan massa batuan pada terowongan terhadap keruntuhan.Metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu metode empirik dan metode elemen hingga. Hasilperhitungan dari metode numerik adalah faktor keamanan, dan hasil perhitungan dari metode elemen hingga adalah strength factordan total perpindahan. Faktor keamanan dan strength factor ini menunjukkan seberapa tingkat keamanan dari suatu terowongan. Sementara total perpindahan menujukkan stabil atau tidaknya suatu terowongan. Pada penelitian ini tingkat keamanan terowongan akan dievaluasi berdasarkan dimensi terowongan dan adanya jalan raya diatas permukaan terowongan.Kesimpulan yang didapat yaitu jalanraya mempengaruhi kestabilan terowongan karena mengakibatkan nilai faktor keamanan dan strength factor. Secara keseluruhan, nilai faktor keamanan ≤ 1,0 dan strength factor≤ 1,1 sehingga dapat dikatakanterowongantidak memiliki nilai stabilitas yang amanuntuk dijadikansuatu lokasi geowisata sertamemerlukan suatu penyanggaan. Kata Kunci : terowongan, metode elemen hingga, faktor keamanan, strength factor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ata Kunci : terowongan, metode elemen hingga, faktor keamanan, strength factor.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Mar 2021 05:06
Last Modified: 04 Mar 2021 05:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24864

Actions (login required)

View Item View Item