DIPLOMASI PUBLIK JEPANG MELALUI ANIME DI AMERIKA SERIKAT TAHUN 2017-2020

MUHAMMAD AKBAR, ILHAM (2021) DIPLOMASI PUBLIK JEPANG MELALUI ANIME DI AMERIKA SERIKAT TAHUN 2017-2020. Other thesis, UPN Veteran Yogyakarta.

[thumbnail of 3. COVER.pdf]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 1.-SKRIPSI-FULL.pdf] Text
1.-SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Kalahnya Jepang dalam perang dunia ke II menyebabkan Jepang
kehilangan Hard Powernya, yang menyebabkan Jepang mengalihkan
kebijakannya pada kekuatan Soft Power. Diplomasi Publik yang merupakan
bagian dari Soft Power sudah mulai terlihat bahkan sejak tahun 1860, dan
pasca perang dunia ke II Diplomasi Publik digunakan untuk merubah citra
Jepang dari negara militer menjadi negara yang cinta damai. Pada tahun
1980 Anime mulai dianggap sebagai salah satu budaya popular Jepang, yang
dianggap dapat menyebarkan budaya, kehidupan sosial Jepang. Pentingnya
Diplomasi Publik membuat Jepang membentuk divisi Diplomasi Publiknya
sendiri dengan 3 badan resmi pemerintah yaitu JASSO, JICE, dan Japan
Foundation.
Di Amerika Serikat Anime yang merupakan alat dari Diplomasi
Publik sudah masuk sejak tahun 1960 dan terus berkembang hingga saat ini.
Maju dan berkembangnya Anime di Amerika Serikat tidak lepas dari peran
aktor-aktor seperti Pemerintah, MNC, Industri Anime dan Publik. Penelitian
ini membahas mengenai upaya yang dilakukan oleh aktor-aktor dalam
penyebaran Anime di Amerika Serikat pada tahun 2017-2020.
Kata Kunci: Amerika Serikat, Anime, Budaya Populer, Diplomasi
Publik, Jepangvi
JAPAN’S PUBLIC DIPLOMACY THROUGH ANIME
IN UNITED STATES OF AMERICA YEAR 2017-2020
ABSTRACT
Japan's defeat in world war II caused Japan to lose its Hard Power,
which caused Japan to shift its policy to soft power. Public Diplomacy
which is part of Soft Power has been in sight even since 1860, and postworld war II Public Diplomacy was used to change Japan's image from a
military state to a peace-loving country. In 1980 Anime began to be
considered as one of japan's popular culture, which is considered to be able
to spread the culture, social life of Japan. The importance of Public
Diplomacy led Japan to form its own Public Diplomacy division with 3
official government bodies namely JASSO, JICE, and Japan Foundation.
In the United States Anime which is a tool of Public Diplomacy has
been entered since 1960 and continues to grow to this day. The development
of Anime in the United States can not be separated from the roles of actors
such as the Government, MNC, Anime Industry and Public. This research
discusses the efforts made by actors in the spread of Anime in the United
States in 2017-2020.
Keyword: Anime, Japan, Popular Culture, Public Diplomacy, United
States of America

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Anime, Japan, Popular Culture, Public Diplomacy, United States of America
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 22 Feb 2021 04:46
Last Modified: 08 Dec 2022 07:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24759

Actions (login required)

View Item View Item