PERANCANGAN ALAT PENGERING KERUPUK UNTUK PEMESANAN DALAM JUMLAH KECIL MENGGUNAKAN METODE NIGEL CROSS (Studi Kasus di Usaha Mikro Kecil dan Menengah Baruna Putra Klaten, Jawa Tengah)

Habriyana, Nadia (2021) PERANCANGAN ALAT PENGERING KERUPUK UNTUK PEMESANAN DALAM JUMLAH KECIL MENGGUNAKAN METODE NIGEL CROSS (Studi Kasus di Usaha Mikro Kecil dan Menengah Baruna Putra Klaten, Jawa Tengah). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Usaha mikro kecil dan menengah Baruna Putra merupakan industri yang bergerak dibidang Makanan. Usaha mikro kecil dan menengah Baruna yang berada di Klaten memproduksi kerupuk. Dalam proses pengeringan kerupuk. alat operasional yang digunakan memiliki kapasitas 13000 keping kerupuk. Jumlah kapasitas yang ditampung oleh alat pengering kerupuk ini sangat besar, sedangkan dalam kurung waktu 1 tahun terakhir banyak terjadi pemesanan dibawah 4000 keping kerupuk. perpesanan, sehingga apabila ada pemesanan kerupuk dengan jumlah yang lebih kecil akan terjadi kerugian pada biaya operasional. Penilitian ini menggunakan metode Nigel Cross untuk merancang dan mengembangkan alat pengering kerupuk sesuai dengan kebutuhan para pekerja usaha mikro kecil dan menengah Baruna Putra. Terdapat tujuh metode pada tahapan ini mulai dari klarifikasi tujuan, penetapan fungsi, menyusun kebutuhan, penentuan karakteristik, penentuan alternatif, evaluasi alternatif dan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan alat pengering kerupuk yang mampu mengeringkan kerupuk dengan kapasitas maksimal 3800 keping dengan waktu pengeringan 384 menit di suhu 45ᵒC dengan biaya operasional sebanyak Rp 11.269,- . Temprature control switch dan thermometer memudahkan pekerja dalam mengatur dan mengontrol suhu yang sesuai dengan kebutuhan selain itu bahan yang anti karat membuat alat lebih awet dan aman untuk digunakan. Kata Kunci :Perancangan alat, Nigel Cross, Perancangan Alat Pengering Kerupuk. Kerupuk

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PERANCANGAN ALAT PENGERING KERUPUK
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 18 Feb 2021 04:53
Last Modified: 18 Feb 2021 04:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24712

Actions (login required)

View Item View Item