Makruf, Qaulan (2021) INTELLIGENT CHATBOT HELPDESK AUTOMATION MENGGUNAKAN NATURAL LANGUANGE PROCESSING DALAM MENYEDIAKAN INFORMASI LOWONGAN KERJA PADA TELEGRAM BOT. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (74kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (157kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Preview |
Text
Halaman Pengesahan Pembimbing - 123160087.pdf Download (1MB) | Preview |
Text
Laporan-Skripsi-Qaulan-123160087.pdf Restricted to Repository staff only Download (44MB) |
Abstract
vii
Abstrak
Jobstreet merupakan salah satu perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan
yang terkemuka di Asia. Jobstreet berperan sebagai fasilitator pencocokan dan komunikasi
lapangan kerja antara para pencari kerja dan perusahaan di Asia. Jobstreet menggunakan media
informasi website dan berbagai macam platform lainnya sebagai media informasi andalan
dalam menunjang kebutuhan bisnisnya.
Jobstreet memiliki menu helpdesk yang berisi Frequently Asked Question (FAQ) untuk
para pencari kerja seputar pertanyaan yang sering diajukan untuk memudahkan user atau
pengunjung mencari informasi mengenai Jobstreet. Dengan belum adanya search engine pada
menu FAQ dan banyaknya tema yang berisi list pertanyaan membuat user atau pengunjung
sering merasa kesulitan dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Jobstreet memanfaatkan
platform Facebook, Twitter, dan Instagram sebagai kemudahan yang diberikan terhadap user
untuk mendapatkan informasi berupa lowongan pekerjaan dan hal-hal yang terkait. Tetapi,
platform Jobstreet tersebut tidak melayani pertanyaan melalui message ataupun realtime chat,
melainkan untuk mendapatkan informasi atau ingin mendapatkan jawaban cepat mengenai
pertanyaan tentang informasi Jobstreet, harus mengakses FAQ pada website jobstreet.com atau
dapat mengirim pertanyaan melalui email. Akan tetapi, pertanyaan yang dikirimkan melalui
email sering mendapatkan jawaban yang relatif lama.
Penelitian ini mengusulkan satu solusi untuk menunjang permasalahan tersebut dengan
layanan chatbot helpdesk automation yang berbasis Natural Languange Processing dengan
menggunakan platform Telegram. Komunikasi antara user dan bot Telegram yang berbasis
Natural Languange Processing menggunakan teknologi PyTorch. PyTorch digunakan untuk
membuat neural model yang akan dilatih berdasarkan Intents berdasarkan FAQ pada Jobstreet.
Hasil dari Penelitian ini memberikan respon yang sesuai sebesar 87% yang didapatkan dengan
pengujian dari 10 koresponden yang masing-masing mendapatkan 10 tema pertanyaa yang
berdasarkan FAQ pada menu helpdesk Jobstreet.
Kata kunci : chatbot, telegram bot, natural languang processing, neural network, Pytorch,
frequently ask question
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | chatbot, telegram bot, natural languang processing, neural network, Pytorch, frequently ask question |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 07:03 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 02:17 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24708 |
Actions (login required)
View Item |