CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYSEBAGAI TANGGUNGJAWAB KONSTITUSIONAL PERUSAHAAN( AnalisisProgram PLN Peduli Objek Wisata Silahisabungan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif sebagai Bentuk Tanggungjawab Konstitusional BUMN)

Herman, Anisa (2020) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYSEBAGAI TANGGUNGJAWAB KONSTITUSIONAL PERUSAHAAN( AnalisisProgram PLN Peduli Objek Wisata Silahisabungan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dalam Meningkatkan Ekonomi Kreatif sebagai Bentuk Tanggungjawab Konstitusional BUMN). Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER(1).pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI(5).pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak(7).pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text
FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Memiliki kebijakan tanggungjawab Konstitusional kepada negara yang dilandaskan peraturan hukum realitanya menimbulkan pro dan kontra karena akan memberikan dua persepsi kepada korporasi BUMN yaitu CSR sebagai kewajiban atau kebutuhan.Adanya dua persepsi ini akan mempengaruhikorporasi dalam melaksanakan aktivitas CSR. Sehingga, penelitian ini menjadi penting dilakukan karena untuk mengetahui Kebijakan Tanggungjawab Konstitusional bahwa korporasi BUMN seperti PT PLN (Persero) UIW Sumatera Utara dalam salah satu program unggulan PLN Peduli Objek Wisata Silahisabungan apakah sekedar dimandatkan oleh UU atau bahkan atas dasar moral atau etik karena ada dorongan komitmen sukarela yang dilakukan oleh korporasi dalam memilih dan mengimplementasikan praktik-praktik CSR/PKBL. Penelitian ini menjelaskan bagaimanatanggungjawab konsitusional dan implementasi etika bisnis di PT PLN UIW Sumatera Utara melalui salah satu program unggulannyatersebut. Metode penelitian yang digunakan yaknistudi kasus pendekatan kualitatif.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaTanggungjawab sosial yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) UIW Sumatera Utara sebagai perusahaan BUMN dari program PLN Peduli Objek Wisata Silahisabungan merupakan sebuah implementasi etika bisnis yang dilaksanakan untuk memenuhi kewajiban sebagai BUMN sesuai peraturan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas dan Peraturan Menteri BUMN No. Per-05/MBU/2007. Tidak sekedar memenuhi kewajiban tapi PLN UIW Sumatera Utara melalui program unggulannya tersebut berdasarkan analisis menunjukan bahwa tanggungjawab sosial yang mereka lakukan sekaligus sebagai kebutuhan keberlanjutan bisnis. Kewajiban dan kebutuhan yang berjalan beriringan dalam tanggungjawab sosial mengantarkan pada keberhasilan mencapai tujuan konstitusional dalam skala kecil bagi PLN UIW Sumatera Utara. Meningkatnya taraf perekonomian, meningkatnya kualitas dan kuantitas fasilitas umum fasilitas sosial, kesehatan dan kualitas pendidikan masyarakat Silalahi yang ikut meningkat sesuai dengan tujuan konstitusi Negara yang tertuang pada pembukaan amandemen UUD 1945. . Kata kunci : Kebijakan, BUMN, Corporate SocialResponsibility

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kebijakan, BUMN, Corporate SocialResponsibility
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Feb 2021 08:20
Last Modified: 16 Feb 2021 08:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24693

Actions (login required)

View Item View Item