MANAJEMEN KONFLIK KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL(STUDI KASUS DI WATUGUPIT PURWOSARI DAN PANTAI BUGES PANGGANG GUNUNGKIDUL)

Sekarningrum, Anggun Anindya (2020) MANAJEMEN KONFLIK KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL(STUDI KASUS DI WATUGUPIT PURWOSARI DAN PANTAI BUGES PANGGANG GUNUNGKIDUL). Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover(9).pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
halaman pengesahan(16).pdf

Download (869kB) | Preview
[img] Text
tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI(21).pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka tesis-172-179.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul masih banyak terdapat konflik, diantaranya konflik pengelolaan di Watugupit Kecamatan Purwosaridan Pantai Buges Panggang Gunungkidul. Permasalahan yang terjadi dari adanya konflik kepentingan yang terjadi di Pantai Buges dan Watugupit menimbulkan fenomena konflik komunikasi.Tujuan penelitian ini adalah ntuk menemukan model manajemen konflik komunikasi yang diterapkandalam menghadapi konflik komunikasi pengembangan pariwisata berbasis masyarakatdalam mengelola potensi wisata di Gunungkiduldan menganalisis peran stakeholders dalam mengembangkan potensiwisata di Gunungkidul.Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metodestudi kasus.Manajemen konflik komunikasi dalam penelitian ini melihat dengan memetakan akar masalah, elemen-elemen konflik dan strategi manajemen konflikyang telah dilakukan. Konflik komunikasi yang terjadi di Pantai Buges dan Watugupit melibatkanPemkab Gunungkidul, Dinas Pariwisata, Pokdarwis dan masyarakat sekitar objek wisata.Berdasarkan hasil penelitian konflik komunikasi yang terjadi di Pantai Buges belum dapat terselesaikan sedangkan di Watugupit dapat diselesaikan dengan adanya komunikasi dua arah. Modelmanajemen konflik komunikasi dalam pengelolaan pariwisata di pantai Buges dan Watugupit dapat menggunakan model manajemen konflik komunikasi inovatifyangterdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Inovasi dalam pengelolaan konflik komunikasi diperlukan dengan upaya-upaya yang berdimensi kebaruan dan kebermanfaatan sehingga diharapkan dapat memberikan dampak pada upaya yang lebih kongkrit dan membangun partisipasi masyarakat secara berkesinambungan.Peran Dinas Pariwisata sebagai penanggung jawab pengelolaan potensi wisata di Gunungkidul tidak maksimal dalam penanganan konflik komunikasi yang terjadidan masyarakat lokal tidak banyak diikutsertakan dalam perancangan, pengambilan keputusan maupun pelaksanaan kebijakan dalam pengelolaan pariwisata. Kata Kunci: Pariwisata, Manajemen Konflik, Komunikasi, Inovatif

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pariwisata, Manajemen Konflik, Komunikasi, Inovatif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 16 Feb 2021 08:12
Last Modified: 16 Feb 2021 08:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24692

Actions (login required)

View Item View Item