PENERAPAN SISTEM RELIGI PADA MASYARAKAT NDALEM DI DESA WISATA BLUE LAGOON(Studi Kasus Di Dusun Dalem Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman)

Kurniadi, Yanuar (2020) PENERAPAN SISTEM RELIGI PADA MASYARAKAT NDALEM DI DESA WISATA BLUE LAGOON(Studi Kasus Di Dusun Dalem Desa Widodomartani Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman). Diploma thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yanuar Kurniadi_135140119_Cover.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yanuar Kurniadi_135140119_Abstrak.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yanuar Kurniadi_135140119_Daftar Isi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yanuar Kurniadi_135140119_Lembar Pengesahan.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text
Yanuar Kurniadi_135140119_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka Yanuar Kurniadi.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sistem religi yang ada di Desa Wisata “Blue Lagoon” dan untuk mengkaji penerapan sistem religi masyarakat Desa Wisata “Blue Lagoon”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan studi kasus.Teknik penentuan informan yaitu purposive sampling, informan meliputi kepala pengelola Desa Wisata, kepala dukuh, dan warga sekitar.Pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam metode kualitatif; 1) mengumpulkan data, 2) mereduksi data, 3) menyajikan data, dan 4) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem religi yang ada di masyarakat Desa Wisata “Blue Lagoon” yaitu; sistem simbol, sistem keyakinan, sistem nilai, dan sistem perilaku. Masyarakat Desa Wisata “Blue Lagoon” sudah menerapkan sistem religi dalam kehidupan bermasyarakat. Namun, seiring berkembangnya teknologi yang semakin modern, budaya dan religi yang ada di Desa Wisata “Blue Lagoon” mulai perlahan pudar dan menghilang karena masyarakat belum mampu memanfaatkan teknologi dengan baik.Kata kunci: sistem religi, desa wisata

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: sistem religi, desa wisata
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Feb 2021 05:48
Last Modified: 05 Feb 2021 05:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/24547

Actions (login required)

View Item View Item